Korea Utara Kembali Uji Coba Rudal Jelajah Jarak Jauh

Uji Coba Rudal Korea Utara / Pixabay
Uji Coba Rudal Korea Utara / Pixabay

AKURATNEWSKorea Utara (Korut) melakukan uji coba rudal jelajah jarak jauh selama akhir pekan ini, ditengah kebuntuan denuklirisasi yang berlarut-larut dengan Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari KCNA, Senin, 13 September 2021, sejumlah rudal melesat sejauh 1.500 km sebelum mengenai target dan jatuh ke perairan territorial Korut dalam tes yang diadakan pada Sabtu dan Minggu.

‘’Pengembangan rudal memberikan signifikansi strategis untuk memiliki sarana pencegahan lain yang efektif,'' kata KCNA.

Untuk menjamin keamanan negara kita dan secara kuat menahan manuver militer pasukan musuh,’’ sambung kantor berita Korea Utara itu.

Sebelumnya Korut menembakkan satu rudal di wilayah lepas pantai pada Maret lalu. Ini merupakan uji coba senjata pertama sejak Joe Biden menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat (AS).

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan, Korut telah menembakkan dua rudal jelajah di lepas pantai baratnya pada Minggu, 21 Maret 2021.

Militer Korsel menambahkan bahwa mereka telah memantau pengujian secara real time.

‘’Yang mereka tembak adalah rudal jelajah bukan rudal balistik, dan mereka terdeteksi oleh asset kami,’’ kata sumber di Kementerian Pertahanan dilansir dari kantor berita Yonhap. ***

Penulis: Redaksi
Editor: Zulfahmi Siregar

Baca Juga