KESEHATAN

Masih Asing Terdengar, Ini yang Dimaksud dengan Dokter Terbang

Salah satu upaya penanganan pasien yang dilakukan FlyDoc
Salah satu upaya penanganan pasien yang dilakukan FlyDoc

AKURATNEWS - Untuk menjangkau wilayah Indonesia yang merupakan negara kepulauan, FlyDoc atau Dokter Terbang sebuah perusahaan layanan medis malalui udara yang dimotori Dr Vika Cokronegoro SpKp mulai setahun ini semakin diminati.

Menurut Vika, Dokter Terbang atau FlyDoc adalah jasa penerbangan medis yang didampingi oleh dokter khusus penerbangan. Evakuasi medis dilakukan dengan helikopter, penerbangan komersial atau juga privat jet.

"Untuk mempercepat penanganan medis dari pulau ke pulau, kami FlyDoc menyediakan ambulance udara, dengan didampingi oleh dokter penerbangan," ungkap Vika, dalam keterangan tertulis, Rabu, 22 September 2021.

Dokter lulusan UI tahun 2016 ini menjelaskan Istilah FlyDoc atau dokter terbang.

Ditelinga orang Indonesia masih asing istilah tersebut, padahal menurut dia Indonesia sebagai negara kepulauan sangat membutuhkan FlyDoc.

‘’Karena tidak semua daerah atau pulau ada tersedia RS atau fasilitas medis yang lengkap," tuturnya.

Menurut Vika, kedokteran penerbangan adalah cabang dari kedokteran yang mempelajari aerofisiologi atau perubahan yang terjadi pada manusia saat penerbangan.

"Bila dalam kondisi sehat memang sangat aman, tapi bila kondisi tidak sehat maka diperlukan kelayakan terbang. Jadi kita tidak bisa sembarangan menerbangkan, ada syarat tertentu, pasien bisa diterbangkan atau tidak," ujarnya.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Redaksi
Editor: Zulfahmi Siregar

Baca Juga