MTQ Depok Resmi Dibuka di Tengah Pandemi Covid-19

Pembukaan MTQ ke-XXI di Beji Depok

Depok, Akuratnews.com- Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kota Depok ke- XXI tahun 2020 resmi dibuka dan akan berlangsung selama tiga hari ke depan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono secara resmi membuka kegiatan tersebut di Balai Rakyat Kecamatan Beji, Rabu (25/11/2020).

Hardiono mengatakan tidak seperti biasanya acara diselenggarakan dengan protokol kesehatan. Sehingga saat pembukaan banyak yang mengikutinya secara online.

Meski di tengah pandemi, kata Hardioni, pihaknya tetap bisa menggelar kegiatan MTQ. Dalam memaknai Al-Qur'an, ada dimensi kesalehan sosial yang bisa membantu kita dalam menghadapi masa sulit ini, ”ujar Hardiono.

Pihaknya optimistis pelaksanaan MTQ 2020 dapat berjalan lancar lantaran sudah dilakukan sejumlah persiapan yang sudah dirancang dengan baik.

Menurut Hardiono salah satu tujuan dari ajang ini adalah tes potensi baru dan bagian dari syiar agama juga dapat dicapai.

"Saya berharap tahun ini potensi lokal semakin terlihat. Bahwa tampil adalah warga asli Depok. Karena ini merupakan seleksi untuk ke tingkat selanjutnya, ”jelasnya.

Pemerintah Kota Depok mendorong agar standar para peserta yang lebih baik dalam peningkatan prestasi yang tentynya melalui pembinaan secara kontinyu.

"Sebagai bentuk dukungan moral agar peserta meningkatkan atau mempertahankan prestasinya, kami akan melihat para peserta berlomba," katanya.

Sementara persiapan pelaksanaan MTQ akan dilaksanakan 25 hingga 27 November 2020 di Kecamatan Beji, Depok ke XXI telah mencapai 100 persen.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Depok Sri Utomo menyatakan perhelatan MTQ Kota Depok sudah siap digelar.

Pihaknya merasa optimis pelaksanaanya berjalan sukses dan juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan semua pihak.

"Alhamdulillah tadi kami rapat finalisasi. InsyaAllah, besok segala persiapan sudah dirancang dengan baik. Akan ada sembilan mimbar di Kecamatan Beji dan akan dijaga oleh lurah se-Kecataman Beji. Jadi mereka akan menjadi penanggung jawab,” jelas Sri Utomo di Beji, Selasa (24/11/2020).

Dia merinci untuk mimbar 1 di Balai Rakyat Beji, mimbar 2 di Masjid Nurussalam Kelurahan Beji, mimbar 3 di SDN 4 Beji Depok, mimbar 4 di SMPIT Al Muqorobin. Kemudian, mimbar 5 dan 6 di MTs Muhammadiyah 1 Kukusan.

Selanjutnya, mimbar 7 di Masjid AL Istiqomah Kemiri Muka, mimbar 8 di Masjid Baabusalam Kemiri Muka. Terakhir, mimbar 9 di SDN Kemiri Muka 1.

Dia menjelaskan, koordinasi terus dilakukan mengingat pelaksanaan MTQ 2020 diadakan di masa pandemi Covid-19. Pihaknya ingin syiar agama tetap berjalan, namun dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Intinya kami ingin semua pihak kembali diingatkan disiplin. Yang terpenting agar kita semua sehat jiwa atau iman dan juga raga,” tandasnya.

Penulis:

Baca Juga