Pamerkan Hasil Olahan, Diskominfo Sidoarjo Ikut JKF-KIM Ke-X 2019

Kabid PIKP Diskominfo Sidoarjo, Evi Rupitasari (2 dari kiri) dan jajarannya bersama Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak (3 dari kiri) saat berada di stand pameran Diskominfo Sidoarjo. (foto dok. Akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sidoarjo mengikuti kegiatan bertajuk "Jatim Kominfo Festival Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (JKF-KIM) ke-X 2019" yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim), bertempat di GOR Ki Mageti, Magetan selama empat hari, 1 - 4 Oktober 2019.

Kegiatan yang diikuti seluruh Diskominfo kabupaten/kota se-Jatim itu dibuka Wakil Gubernur (Wagub) Jatim, H. Emil Elestianto Dardak pada Selasa (1/9/2019).

Dalam sambutannya, Wagub Emil Dardak mengatakan, gelaran JKF Pekan KIM ini diharapkan, masyarakat bisa lebih melek lagi. Terlebih, Pemprov Jatim saat ini memiliki program 'Jatim Cetar' (cepat, efektif, efisien, tanggap, transparan dan respon).

"Program Cetar ini sebuah layanan informasi yang bisa diakses masyarakat untuk mengontrol kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Jatim dan menyampaikan keluhan. Intinya, di era digital ini masyarakat dapat memanfaatkan teknologi informasi sebagai media komunikasi dengan pemerintah," jelas mantan Bupati Trenggalek ini.

Dalam kegiatan tersebut ada 44 stand pameran dari seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Timur, termasuk Sidoarjo. Wagub Emil Dardak sempat mengunjungi stand Diskominfo Sidoarjo.

Selanjutnya, Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Diskominfo Sidoarjo, Evi Rupitasari mengemukakan, pihaknya membawa tiga KIM terbaik di Sidoarjo untuk mengikuti "JKF Pekan KIM 2019" itu. "Kami membawa tiga KIM, yakni KIM Melati, Siwalanpanji, Buduran, KIM Warta, Taman dan KIM Online Sejahtera, Kemiri, Sidoarjo," ujarnya.

Ketiga KIM itu, lanjut Evi, memamerkan produk hasil olahan sendiri, seperti kerajinan tangan (handicraft) dan kuliner berupa makanan ringan.

"Setiap kegiatan Pekan KIM, Diskominfo Sidoarjo memfasilitasi KIM yang ikut. Hal ini semata-mata untuk menambah wawasan dan jejaring antar-KIM di Jatim. Harapannya, agar KIM tumbuh lebih banyak lagi di Sidoarjo", tuturnya.

Berbagai rangkaian acara diadakan dalam "JKF Pekan KIM" ini, diantaranya, grand final lomba cerdik cermat komunikatif (LCCK) KIM, seminar literasi media, pameran teknologi informasi KIM, workshop internet sehat, sarasehan KIM, coaching clinic antihoaks, jambore KIM dan sosmed influencer, flash vlogging workshop and competition, kopi darat komunitas medsos, serta apresiasi seni komunitas medsos dan KIM. (*)

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga