Perayaan Natal Nasional Partai Golkar

Peduli Hak Cipta Lagu, Partai Golkar Ajukan Permohonan Lisensi Penggunaan Karya Cipta Lagu Kepada KCI

AKURATNEWS.COM- Dalam Rangka  melaksanakan Perayaan Natal Nasional yang akan diselenggarakan tanggal 29 Januari 2022  di Kota Salatiga - Jawa Tengah, Parta Golkar  telah melakukan sebuah terobosan yang menarik dan substansial bagi pengembangan dan apresiasi dunia musik di Indonesia.

Perijinan Lisensi Musik kepada Lembaga Manajemen Kolektif  Karya Cipta Indonesia (LMK KCI), yang disampaikan melalui Ketua Penyelenggara yang  berkoordinasi dengan Lembaga Manajemen Kolektif Karya Cipta Indonesia “LMK – KCI”,  untuk permohonan lisensi penggunaan Karya Cipta Lagu, sebagaimana yang diatur dalam Undang – Undang Nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Dalam UU tersebut dijelaskan bahwa penggunaan karya cipta lagu secara komersiil harus mendapatkan izin dari Pemilik Hak Cipta maupun Hak Terkait melalui Lembaga Manajemen Kolektif.

Dijelaskan oleh Sebastian Salang selaku Sekretaris Panitia Penyelenggara bahwa Inisiatif dari Panitia Penyelenggara menghubungi LMK KCI untuk berkoordinasi mengenai hal dimaksud sebagai bentuk ketaatan dan kepatutan hukum yang dicontohkan oleh Partai Golkar. Karena acara tersebut akan disiarkan melalui TV Nasional maupun melalui live streaming YouTube.

“Sehubungan dengan acara ini akan diselenggarakan dalam bentuk siaran TV Nasional maupun melalui Live Streaming Youtube dan media lainnya, maka Hal ini tentunya disambut baik oleh Pihak Manajemen LMK KCI, sebagai bentuk Aspresiasi Partai Golkar bagi Pengembangan dunia seni musik Indonesia, “ Jelas Sebastian Salang di Jakarta, pada Kamis 26/01/22.

Lebih lanjuta Sebastian Salang menambahkan; “Untuk permohonan lisensi penggunaan Karya Cipta Lagu, sebagaimana yang diatur dalam Undang – Undang Nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta dimana disitu dijelaskan bahwa penggunaan karya cipta lagu secara komersiil harus mendapatkan izin dari Pemilik Hak Cipta maupun Hak Terkait melalui Lembaga Manajemen Kolektif,” tambahnya.

Pihak KCI yang diwakili oleh Slamet Adriyadie (Legendaris Pencipta lagu Widuri) bersama General Manager  KCI Ibu Tiena Sopacua dan Sekjen KCI (Baskoro) langsung mengapresiasi niat baik dari Partai Golkar tersebut, dengan menyerahkan Izin Lisensi Penggunaan Karya Cipta :Lagu dan Musik kepada Panitia Penyelenggara, yang berlangsung di Gedung Nusantara DPR RI.

Dalam kesempatan tersebut Slamet Adriyadie yang mewakili KCI merasa berbangga dan mengapresiasi terhadap Langkah yang dilakukan oleh Partai Golkar.

“Para Insan Musik Indonesia patut untuk memberikan rasa bangga dan salut kepada lembaga manapun yang boleh mengikuti langkah2 bijak seperti Partai GOLKAR ini untuk Taat Hukum serta sekaligus memberikan pencerahan bagi kita semua bahwasanya Apresiasi yang baik kepada Musik Indonesia adalah salah bentuk karya nyata untuk ikut serta menyusun peradaban bangsa yang baik dan bermartabat,” jelas Adriyadie.

Lamhot Sinaga selaku Ketua Penyelenggara yang didampingi Dharma Oratmangun (Ketua Pelaksana) menegaskan bahwa acara Perayaan Natal Nasional Golkar tersebut akan dihadiri oleh beberapa pejabat Negara dan tokoh-tokoh lainnya.

“Acara Perayaan Natal nasional Partai Golkar ini akan dihadiri oleh Ketua Umum Airlangga Hartarto, juga Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Zainuddin Amali (Menteri Pemudan dan Olahraga), Jerry Sambuaga (Wakil Menteri Perdagangan), Agung Laksono (Dewan Pertimbangan Presiden), Theo Sambuaga (Presiden LIPPO yang juga adalah Dewan Pertimbangan Golkar) serta Para Tokoh lainnya termasuk Forkopimda Provinsi Jawa Tengah dan Kota Salatiga,” jelas Lamhot Sinaga.

Lamhot Sinaga juga menjelaskan bahwa selain menyelenggaraan  Perayaan Natal Nasional, Partai Golkar juga  menggelar serangkaian acara seperti; Bakti Sosial, Pemberian Vaksin serta Aksi Peduli melalui Pengobatan masal yang dikerjakan oleh Yellow Clinic.

Selain rangkaian kegiatan diatas, dalam acara ini  juga dilakukan Kuliah Umum oleh Menteri koordinator Perekonomian Indonesia Bapak DR. Ir. Airlangga Hartarto, MMT, MBA, IPU yang adalah juga Ketua Umum Partai GOLKAR.

Para artis yang akan mendukung dan memeriahkan Perayaan Natal Nasional dan Ibadah Natal Partai Golkar yang diselenggarakan di Balairung Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga - Jawa Tengah ini diantaranya adalah; GERONIMO, Citra Scholastika, Sound of Curly (Papua Barat) Big Band, Paduan Vokal Lux Aeterna Ensemble, dan lain lain.

Selain itu, dalam kesempatan acara Perayaan Natal Nasional Golkar itupun akan ada Launching Lagu berjudul 'Bersatu Untuk Menang', buah karya 'Dharma Oratmangun' (Ketua Panitia Pelaksana).

“ Lagu Bersatu Untuk menang ini sengaja saya ciptakan selaras dengan thema acara, yaitu “Melalui Natal, Kita Bersatu Untuk Mewujudkan Kemenangan.” Tutup Dharma.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga