Pemkab Sidoarjo Bangkitkan Kembali Sentra Industri Kulit Tanggulangin

Direktur IKM Kimia, Sandang, Kerajinan dan Industri Aneka Kemenperin, E. Ratna Utarianingrum (tengah) didampingi Sekda Sidoarjo, H. Achmad Zaini dan Kepala Disperindag Sidoarjo, H. Tjarda bersama para peragawati.
Direktur IKM Kimia, Sandang, Kerajinan dan Industri Aneka Kemenperin, E. Ratna Utarianingrum (tengah) didampingi Sekda Sidoarjo, H. Achmad Zaini dan Kepala Disperindag Sidoarjo, H. Tjarda bersama para peragawati.

Sidoarjo, Akuratnews.com - Guna membangkitkan kembali sentra industri kulit di Tanggulangin, Sidoarjo sebagai tujuan wisata 3in1, yaitu wisata belanja, edukasi dan budaya, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo telah melakukan revitalisasi di sejumlah lokasi di kawasan ini. Revitalisasi ini berupa pembangunan tugu, gapura, Taman Budaya Tanggulangin (TBT) dan Monumen Instalasi Industri Kecil Menengah (MI-IKM).

Hal itu disampaikan Direktur IKM Kimia, Sandang, Kerajinan dan Industri Aneka Kementerian Perindustrian (Kemenperin), E. Ratna Utarianingrum, didampingi Sekda Sidoarjo, H. Achmad Zaini dan Kepala Disperindag Sidoarjo, H. Tjarda saat membuka acara "Sidoarjo Industrial Expo 2020," sekaligus me-launching TBT, bertempat di Kedensari, Tanggulangin, Sidoarjo pada Jumat (21/02/2020).

"Usai dilakukan revitalisasi di sentra industri kulit Tanggulangin ini, kami berharap, bisa dijaga dan difungsikan seoptimal mungkin, serta bermanfaat bagi masyarakat, terutama warga Tanggulangin," katanya.

Dalam kesempatan ini, Sekda Sidoarjo, H. Achmad Zaini menjelaskan, Sidoarjo sebagai kota pendamping Surabaya, memiliki peran sangat vital dan strategis. Karena itu, tumbuhnya sentra-sentra industri di Sidoarjo perlu dikembangkan dan ditingkatkan, baik secara teknis, kualitas maupun pemasarannya.

"Kita dorong IKM untuk maju, guna mewujudkan Sidoarjo sebagai Kota UKM Indonesia. Di Sidoarjo ini ada 16 ribu IKM, 200 ribu usaha mikro, 82 sentra industri dan 11 kampung usaha," terangnya.

Selanjutnya, Kepala Disperindag Sidoarjo, H. Tjarda mengungkapkan, kegiatan "Sidoarjo Industrial Expo 2020" itu program Pemerintah Pusat untuk menghidupkan kembali sentra industri kulit Tanggulangin yang sempat redup.

"Ada 20 pelaku UKM binaan Kemenperin yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini," ujarnya.

Baca Juga