Pemkab Sidoarjo Gelar Bimtek Permendagri, Pengelolaan Dana Alokasi Kelurahan

Tampak dari kiri ke kanan: Bupati Saiful Ilah bersama Sekda Achmad Zaini, Camat Krembung Abdul Mu'id, Sekdin Kominfo Setyo Winarno dan Bagian Organisasi Kusdariyanto saat menghadiri Bimtek Permendagri No. 130/2018 di Kota Batu. (Foto dok. Akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Guna memberikan pembekalan berkaitan pelaksanaan kegiatan pembangunan sarana dan prasarana (sarpras) di tingkat kelurahan, Bagian Pemerintahan Setda Sidoarjo menyelenggarakan Bimtek Permendagri Nomor 130 tahun 2018 tentang pengelolaan dana alokasi kelurahan.

Kegiatan yang mengundang narasumber berkompeten, yaitu Kabag Penatausahaan Keuangan Kemendagri, Sofyan dan Kabag Pengarahan LKPP Jakarta, Muhammad Irsan dan diikuti seluruh camat, lurah, ketua LPM, ketua Pokmas, dan pejabat penatausahaan keuangan (PPK) kecamatan serta bendahara pengeluaran pembantu se-Kabupaten Sidoarjo itu digelar di hotel The Onsen, Batu selama dua hari, Rabu - Kamis (6 -7/8/2019).

Dikemukakan Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah, didampingi Sekda H. Achmad Zaini beserta Asisten I, II dan III, dalam sambutannya saat membuka Bimtek tersebut, penyelenggaraan kegiatan ini bentuk keseriusan Pemkab Sidoarjo merealisasikan pemerataan pembangunan infrastruktur sarpras dan SDM yang memiliki keahlian di bidangnya.

"Optimalisasi pemberdayaan masyarakat untuk mewujudkan visi dan misi Kabupaten Sidoarjo yang inovatif, sejahtera, mandiri dan berkelanjutan," ujarnya.

Bupati Saiful Ilah juga berharap, hasil dari Bimtek ini bisa diterapkan dalam perencanaan anggaran keuangan yang menunjang penguatan kapasitas kelurahan. "Karenanya, semua peserta agar mengikuti materi narasumber berkompeten secara serius," tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Sekda Achmad Zaini menjelaskan, program dana kelurahan tahun ini merupakan implementasi PP Nomor 17/2017 tentang Kecamatan.

"Yakni, sebagai upaya pemerintah mempercepat pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan yang bersumber dari dana alokasi umum tambahan (DAU-T)," terangnya.**

Penulis: Wachid Yulianto

Baca Juga