Pengamat: Jika Denny Siregar tak Ditangkap, Akan Muncul Hukum Jalanan

Denny Siregar dan Ambulans yang dituduhnya pembawa batu. (foto dok. Akuratnews)

Jakarta, Akuratnews.com - Nama Denny Siregar tak asing bagi publik di Indonesia. Denny Siregar kini dikenal sebagai penyebar hoaks yang licin bagai belut. Berkali-kali Denny Siregar dilaporkan ke Polisi, namun entah kenapa, Denny tetap baik-baik saja.

Bahkan, Abdullah Sammy, Jurnalis Republika dalam tulisan Opininya yang berjudul "Kesaktian' Denny Siregar: Dari Video Persib hingga Ambulans", Abdullah Sammy menyebut Denny Siregar bisa jadi merupakan salah satu makhluk berkaki dua paling 'sakti' di Indonesia saat ini. Berulang kali, pria yang namanya lebih sering wara wiri di dunia maya itu dilaporkan ke polisi. Tapi sebanyak itu pula dia mampu lolos dari jeratan hukum.

"Terakhir akun Denny Siregar mengunggah kicauan via Twitter yang mengundang kontroversi. Dia menyebut ambulans yang merawat korban dalam aksi mahasiswa sebagai pembawa batu." kata Sammy.

Berikut isi kicauan Denny: "Hasil pantauan malam ini.. Ambulans pembawa batu ketangkep pake logo @DKI Jakarta," tulis Denny melalui akun Twitter @dennysiregar7.

Usai unggahan itu, media sosial heboh. Hujatan dan tudingan ramai diarahkan kepada pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Tak hanya itu, petugas medis pun tak ketinggalan jadi korban perundungan.

Hanya berselang jam, tudingan yang dialamatkan kepada ambulans sebagai pembawa batu itu keliru. Dari keterangan dan pembuktian yang dilakukan oleh DKI maupun PMI pusat didapati fakta bahwa ambulans bukanlah pembawa instrumen pendukung kerusuhan. Alhasil, Denny pun disebut sebagai penyebar hoaks.

Sayangnya, Polisi tidak juga menangkap Denny Siregar. Hal ini dikhawatirkan akan memicu munculnya hukum jalanan terhadap pria pendukung Jokowi tersebut.

“Jika Polisi tak tangkap penyebar hoaks Denny Siregar, dikhawatirkan muncul hukum jalanan,” kata pengamat politik Achsin Ibnu Maksum dalam pernyataan lansir situs nasional, Sabtu (28/9/2019).

Menurut Achsin, hukum jalanan muncul karena tersumbat penegak hukum dalam menegakkan keadilan. “Denny Siregar dianggap pendukung Jokowi sehingga tidak tersentuh hukum,” papar Achsin.

Kata Achsin, polisi terlihat melindungi Denny Siregar yang telah menyebarkam hoaks. “Awalnya polisi akan menyelidiki, selanjutnya polisi bilang Denny Siregar menyebut fakta ada batu di ambulans. Dan polisi juga menyatakan sulit memproses laporan masyarakat terhadap Denny Siregar,” jelasnya.

Achsin menyatakan, harusnya polisi menunjukkan sikap profesional di saat mendapat sorotan dari masyarakat.

“Polisi mendapat sorotan masyarakat dalam menangani demo mahasiswa. Harusnya segera menunjukkan sikap profesional segera menangkap dan menetapkan tersangka Denny Siregar dalam kasus menyebarkan hoaks,” pungkas Achsin.

Hingga berita ini dirilis, belum ada pernyataan dari pihak Denny Siregar soal dirinya yang disebut sebagai penyebar hoaks. (*)

Penulis:
Editor:Ahmad Ahyar

Baca Juga