Pilkades Sinjai, Inspektorat Ungkap Dua Mantan Kades Belum Tindaklanjuti Temuan LHP

Inspektur Inspektorat Sinjai, A Adeha Syamsuri. /Ashari/AKURATNEWS.

AKURATNEWS - Ratusan bakal calon kepala desa dari berbagai latarbelakang di Kabupaten Sinjai telah mengantongi surat keterangan bebas temuan dari Inspektorat Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Keterangan bebas temuan tersebut adalah satu syarat yang tertuang dalam Peraturan Bupati Sinjai nomor 30 tahun 2021 tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa.

"Sesuai regulasi, bebas temuan itu bagi PNS, mantan kepala desa, perangkat desa, BPD, pengurus lembaga kemasyarakatan desa, dan pernah pelaksana proyek, termasuk mantan kepala sekolah," kata Inspektur Inspektorat Sinjai, A Adeha Syamsuri, Selasa (4/1/2022).

Dan sejauh ini, kata dia, pihaknya telah menerima ratusan permohonan soal itu, juga telah mengeluarkan atau menerbitkan.

"Sementara ini ada 127 keterangan bebas temuan yang telah kami keluarkan, termasuk belasan permohonan dari petahana atau mantan kepala desa yang ingin maju kembali," ungkapnya.

Hanya saja, kata Adeha, dari 14 desa yang sebelumnya memperoleh temuan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Inspektorat, ada 2 desa yang belum menindaklajutinya hingga kini.

"Jadi 2 desa ini belum kami keluarkan keterangan bebas temuannya. Mereka juga belum mengajukan permohonan sebagai syarat maju kembali. Kendati demikian, sebelum mengeluarkan surat bebas temuan ini, pihak kami tentunya memeriksa dan teliti betul," bebernya.

Diketahui, pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan tengah memasuki tahap pencalonan atau pendaftaran bakal calon hingga 9 Januari 2022.

Sedangkan tahap pencoblosan dihelat pada 17 Maret 2022 mendatang. Pilkades Serentak ini diikuti 54 desa dari 67 desa di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Penulis: Ashari

Baca Juga