Polri Apresiasi Komitmen KASBI Kedepankan Dialog Soal UMK

Jakarta, Akuratnews.com - Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) menyatakan komitmen untuk mengutamakan dialog dalam menyikapi penetapan Upah Minimum Kerja (UMK) ketimbang melakukan aksi demo. Hal itu disampaikan Ketua Umum KASBI Nining Elitos kepada perwakilan Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri AKBP Suwandi.

“Mereka memang kecewa dengan adanya PP No 78/2015 yang membatasi kenaikan upah pekerja. Namun kami apresiasi mereka lebih mengedepankan lobi dan dialog,” kata Suwandi kepada wartawan, Sabtu (17/11) malam.

Ia menjelaskan, keputusan KASBI untuk lebih memilih dialog lantaran organisasi tersebut tidak pernah berpolitik praktis sebagaimana tertuang dalam AD/ART yang hanya memperjuangan hak-hak pekerja atau buruh yang tidak dipenuhi.

Apabila dialog tidak menemukan titik temu, Suwandi mengingatkan kepada organisasi yang memiliki 120 ribu anggota itu
untuk tetap mematuhi aturan perundang-undangan menyampaikan pendapat di muka umum ketika melakukan aksi protes.

Menurut Suwandi, Nining sebagai pimpinan KASBI menyatakan memahami apa yang disampaikan pihak Kepolisian agar ikut membantu menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif jelang Pileg dan Pilpres.

“Terlebih di tahun politik ini. Karena tidak berpolitik pratis (kami meminta) KASBI agar ikut berperan aktif menciptakan situasi yang kondusif pada agenda Pilpres dan Pileg," pungkasnya. (Ysf)

Penulis:

Baca Juga