Polri: Pencopotan Kapolda Jabar Harus Melalui Proses Evaluasi

Kadiv Humas Polri, Boy Rafli Amar

Jakarta, Akuratnews.com - Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, pihak Polri tidak bisa mengganti pejabatnya dengan begitu saja, karena semua ada mekanismenya, "Jadi ada aturan dan mekanismenya, tidak bisa serta merta orang di usul dan diganti begitu saja," kata Boy di Mapolda Metro Jaya, Rabu (18/01/17).

Mantan Kapolda Banten ini menjelaskan, bahwa ada tahapan pencopotan jabatan seseorang dengan melalui proses evaluasi untuk mengetahui apakah terdapat unsur pelanggaran atau tidak selama menjalankan tugas.

Dia menyebutkan, apabila terbukti adanya terjadi pelanggaran ,maka pihak Kepolisian akan menindaklanjuti soal jabatan Kapolda Jabar.

" Jika tidak ada pelanggaran dan semua sudah sesuai standar prosedurnya ,maka tidak kuat alasan untuk dicopot," ungkapnya.

Dia mengungkapkan, seorang kepala Kepolisian yang menjadi pembina ormas tertentu merupakan hal yang wajar karena polisi dianggap sebagai tokoh.Meskipun ormas tersebut tidak boleh dipakai sebagai kegiatan politik dan bisnis yang mengandung unsur profit. (Agus)

Penulis:

Baca Juga