oleh

Polri Tetapkan Status DPO untuk Puluhan Napi Lapas Aceh yang Belum Serahkan Diri

Jakarta, Akuratnews.com – Polri telah mengeluarkan Daftar Pencarian Orang (DPO) terhadap narapidana yang kabur dari Rumah Tahanan (Rutan) dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA, Lambaro, Aceh Besar.

Kabagpenum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Syahar Dianto mengatakan puluhan narapidana yang masih berkeliaran di luar pada hari dinyatakan sebagai DPO.

Tak hanya itu, ia juga menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan Polda Aceh untuk memburu keberadaannya.

“Langkah selanjutnya, hari ini DPO sudah dikeluarkan, kemudian Polda Aceh dan Polres melakukan pemeriksaan terkait penyebab-penyebabnya,” kata Syahar di Mabes Polri, Jakarta, Senin (3/11/2018).

Dalam pencarian terhadap puluhan narapidana yang masih DPO itu, kata Syahar, tak hanya berkoordinasi dengan Polda Aceh. Sebab, pencarian itu juga dilakukan dengan cara menyebar data tersebut di media-media sosial.

“DPO sudah disebarkan di medsos dan lain-lain. Mudah-mudahan bisa tertangkap. Kita sebar (data) ke seluruh Polda juga,” tambah Syahar.

Lebih lanjut, saat ini pihaknya masih mendalami dan menyelidiki motif kaburnya puluhan narapidana itu. Penyelidikan yang saat ini dilakukan yakni dengan meneriksa enam narapidana yang diduga merupakan otak pelarian.

“Hari ini diperiksa apa motif larinya napi. Enam provokator ini hukumannya tinggi-tinggi kasus pembunuhan dan narkoba,” singkat Syahar. (Jar)

Komentar

News Feed