PTPN IV Raih 11 SMK3 Award 2018

PTPN IV raih 11 penghargaan SMK3 Award 2018.
PTPN IV raih 11 penghargaan SMK3 Award 2018.

Medan, Akuratnews.com - PTPN IV meraih sebelas piagam penghargaan Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Award 2018 dari Kementerian Ketenaga Kerjaan RI. Prestasi ini diberikan atas dasar penerapan SMK3 yang telah dilakukan selama setahun lalu.

Direktur Utama PTPN IV Siwi Peni di Medan, Jum’at 10/8/2018 menyebutkan, bahwa Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) kembali menggelar Penganugerahan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau K3 Award 2018 pada Kamis 9/8/2018 di hotel Bidakara Jakarta.

Acara penghargaan ini diadakan sebagai bentuk apresiasi kepada perusahaan yang telah menerapkan K3 di lingkungan kerja dengan baik. Penghargaan diumumkan dan diserahkan Menaker RI melalui Sekretaris Jenderal

Siwi Peni menyampaikan harapan semoga dengan prinsip kejujuran, ketulusan dan keikhlasan di dalam bekerja menjadikan penghargaan tahunan itu dapat terus dipertahankan untuk tahun-tahun selanjutnya.

Di samping itu, kata Siwi, karyawan juga diajak untuk sama-sama meningkatkan disiplin dalam pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) serta meningkatkan kompetensi diri masing-masing di dalam bekerja.

Ditambahkannya, PTPN IV untuk tahun 2017 telah diaudit sebanyak 11 kebun diantaranya Kebun Pasir Mandoge, Pabatu, Sosa, Ajamu, Bah Jambi, Sawit Langkat, Tobasari, Sidamanik, Tonduhan, Laras dan Bukit Lima dengan memperoleh serifikat bendera emas dengan nilai yang memuaskan, sebut Siwi Peni.

Sementara itu Menaker Hanif yang disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Hery Sudarmanto menyebutkan sebanyak 1.465 perusahaan menerima penghargaan SMK3, 123 perusahaan mendapatkan penghargaan program P2HIV-AIDS, dan 15 Gubernur dinobatkan sebagai pembina K3 terbaik.

"Jumlah perusahaan yang menerima penghargaan kecelakaan nihil tahun 2018 mengalami peningkatan dibanding tahun 2017. Dari 901 perusahaan pada 2017 menjadi 952 perusahaan pada 2018 atau naik 5,4 persen. Ini menjadi indikasi jika banyak perusahaan yang mulai sadar akan penerapan K3," ujar Hery

Hadir dalam acara tersebut Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Sugeng Priyanto, Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Maruli Apul Hasoloan, Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas, Bambang Satrio Lelono, dan 15 Gubernur penerima penghargaan sebagai Pembina K3 terbaik diantaranya Gubernur Jawa Timur, Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Kalimantan Timur, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Banten, Gubernur Sumatera Utara, Gubernur Riau, Gubernur Jawa Tengah, Gubernur Kalimantan Selatan, Gubernur Jambi, Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Kalimantan Tengah, Gubernur Nangroe Aceh Darussalam, Gubernur Bali, Gubernur Lampung.

Sementara dari PTPN IV hadir Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Rizal H. Damanik dan Manajer Kebun Pabatu Agustinus Simanjuntak.

Penganugerahan Penghargaan K3 Tahun 2018 meliputi 5 kategori, yaitu penghargaan kecelakaan nihil, penghargaan sistem manajemen K3 (SMK3), penghargaan program pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS (P2HIV-AIDS) di tempat kerja, penghargaan pembina K3, dan penghargaan pemeduli HIV-AIDS di tempat kerja. (HSP)

Penulis:

Baca Juga