Puluhan Pelajar di Sidoarjo Antusias Ikuti Sarasehan Jurnalistik Era Milenial

Plt. Kepala Diskominfo Sidoarjo, H. Setyo Winarno saat memberikan sambutan

Sidoarjo, Akuratnews.com - Nampaknya, jurnalistik sangat diminati kalangan pelajar. Terbukti, puluhan pelajar dari sejumlah Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/SMK) di Kabupaten Sidoarjo terlihat antusias saat mengikuti kegiatan bertajuk "Sarasehan Jurnalistik Era Milenial", yang digelar Aliansi Jurnalis Sidoarjo (AJS) kerja sama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sidoarjo, bertempat di Rumah Makan 'Waroeng Redjo', Raya Cemengkalan 11 Sidoarjo, Selasa (24/9/2019).

Diungkapkan seorang peserta dari SMA Islam Sidoarjo, Alviero Rivaldi, dia merasa bangga berkesempatan untuk mengikuti sarasehan jurnalistik tersebut.

"Saya senang sarasehan jurnalistik ini, terlebih saya baru ikut pertama kali, karena menambah wawasan saya tentang ilmu jurnalistik," ujarnya.

Hal senada diungkapkan peserta lainnya dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidoarjo, Fitria, dia beruntung menerima undangan sarasehan jurnalistik itu.

Sebagai pemula, dia menilai kegiatan ini merupakan pengalaman amat berharga, karena mendapatkan tambahan ilmu, berupa materi jurnalistik.

"Materi jurnalistik yang dipaparkan dua narasumber dari jurnalis media cetak dan televisi sungguh jelas, sehingga memperluas pengetahuan saya di bidang jurnalistik atau kewartawanan," katanya.

Bahkan, mereka berharap, ke depan, agar kegiatan serupa bisa diadakan lagi dan diikuti lebih banyak peserta dari berbagai sekolah.

Sebelumnya, Ketua AJS, Agus Susilo mengatakan, kegiatan ini terselenggara berkat dukungan dari Diskominfo Sidoarjo.

"Tujuannya, agar para pelajar mengenal lebih jauh dunia jurnalistik, apa dan bagaimana tugas jurnalis, serta perbedaan media cetak, online dan televisi," lanjutnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Diskominfo Sidoarjo, H. Setyo Winarno mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan AJS ini dan mengingatkan, agar para jurnalis menjalankan tugasnya dengan baik dan benar.

"Sepatutnya, seorang jurnalis itu mampu memilih dan memilah mana berita yang baik dan tidak, perlu diteruskan atau cukup sampai di sini. Terpenting, klarifikasi dan sumber beritanya jelas," tandasnya.

Selain itu, Setyo Winarno juga menyinggung pelaksanaan kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang dipusatkan di kawasan Jabon, Sidoarjo pada 2 - 30 Oktober 2019.

"Meski begitu, saat ini di lokasi sudah ada kegiatan pra-TMMD. Karena itu, saya menyarankan semua wartawan di Sidoarjo, termasuk AJS melakukan peliputan di sana. Saya akan dampingi," ucapnya.

Kegiatan sarasehan jurnalistik tersebut mengundang dua narasumber, yaitu Mustain (Harian Bangsa/pengurus PWI Sidoarjo) dan Yoyok Gusta (MNCTV/pengurus Forwas). Kedua narasumber ini mengetengahkan topik soal jurnalistik bagi pemula dan cara kerja jurnalis televisi.

Tampak hadir dalam kegiatan ini, diantaranya, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Diskominfo Sidoarjo, Evi Rupitasari, Ketua dan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sidoarjo, H. Sumi Harsono dan H. Samsul Hadi, serta Kapolsek Sidoarjo, AKP Supiyan, Danramil 0816/01 Sidoarjon, Kapten Inf. Hutomo serta aktivis LSM 'Seven Gab' Sidoarjo.

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Redaksi

Baca Juga