Rakyat Kembali Rindu Pemimpin Militer?

Gator Nurmantyo
Gator Nurmantyo

Jakarta, Akuratnews.com - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebut publik merasa kondisi keamanan negara menurun tajam. Turunnya rasa aman itu memuncak ketika wabah corona melanda.

Atas kondisi itu, mayoritas rakyat kembali merindukan kehadiran pemimpin berlatarbelakang militer. Disebutkan, publik menemukan ada peningkatan kepercayaan masyarakat kepada TNI atau tentara aktif untuk dapat menjadi pemimpin nasional, khususnya terkait penanganan corona.

Kata Saiful, sebelum Covid-19 ada 24 persen masyarakat yang setuju dengan kepemimpinan TNI atau tentara aktif atau bukan purnawirawan di level nasional. Namun, angka itu meningkat setelah terjadi pandemi.

“Ada sekitar 31 persen yang setuju tentara aktif sebaiknya memimpin pemerintahan kita, ada kenaikan sekitar 7 persen dibanding sebelum Covid-19,” kata Saiful Mujani.

Pada survei terakhir yang dilakukan pada 12 sampai 15 Agustus 2020, tingkat kepercayaan masyarakat pada tentara Indonesia meningkat. Ada 2,3 persen yang sangat percaya dengan kepemimpinan tentara aktif, lalu yang setuju sekitar 28,9 persen.

Kemudian, 49,1 persen tidak setuju, lalu 10,3 responden sangat tidak setuju, dan 9,4 persen responden tidak menjawab.

“Walaupun mayoritas masyarakat masih menolak kepemimpinan tentara di level nasional lebih dari 50, namun ada gejala corona ini menaikkan tingkat toleransi kepada kepemimpinan tentara,” tutur dia.

Penulis: Redaksi

Baca Juga