Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok Lima Pasar Tradisional di Depok Melonjak

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono saat lakukan kunjungan mendadak di pasar tradisional di Depok

Akuratnews.com- Lonjakan sejumlah harga kebutuhan pokok terjadi di pasar tradisional di Kota Depok jelang Ramadhan 1442 Hijriah. Ada lima pasar tradisional alami lonjakan harga.

Lonjakan harga terjadi pada pasar yang berada di lima wilayah berbeda di Depok Seperti Pasar Agung Kelurahan Mekarjaya, Pasar Musi, Kecamatan Sukmajaya, Pasar Tugu, Kelurahan Tugu, Pasar Sukatani, Kelurahan Sukatani dan Pasar Cisalak, Cisalak Cimanggis Depok.

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan pihaknya akan terus pantau kesetabilan harga selama bulan Ramadhan 1442 Hijriah.

"Selama bulan puasa Pemerintah Kota akan terus memantau kestabilan harga di setiap harinya", kata Imam Senin, (12/4).

Meski begitu, Wakil Wali Kota Depok nilai kenaikan harga yang telah terpantau telah terjadi menjelang Ramadhan tersebut masih dalam batas wajar.

Sejumlah kebutuhan pokok yang alami lonjakan harga pasca Pemkot Depok lakukan inpeksi mendadak disejumlah pasar diantaranya, daging sapi dari harga Rp 120 ribu/kg naik menjadi Rp130 ribu/kg.

Kemudian, ayam broiler dari Rp 35 ribu/kg menjadi Rp 40 ribu/kg. Sedangkan cabai merah keriting harganya turun dari Rp 130 ribu/kg ke Rp 80 ribu/kg.

Sejauh ini di Depok tidak alami kelangkaan bahan pokok. "Alhamdulillah untuk stok bahan pokok dan sembako cukup," ujar Imam.

Terkait terjadinya lonjakan harga kebutuhan pokok Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan mengelar operasi pasar jika masih tetap terjadi lonjakan harga.

"Apabila masih terjadi kenaikan harga, kami akan berkoordinasi dengan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian untuk menggelar operasi pasar", kata Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kota Depok, Wahid Suryono.

Hal ini dilakukan dalam rangka menjaga stabilitas harga bahan pokok. "Kami juga mengajak perusahaan serta masyarakat bersama-sama mengadakan pasar murah di seluruh wilayah Kota Depok," imbuhnya.

Pemkot Depok sudah melakukan rapat koordinasi menjaga stabilitas harga terutama inflasi selama Ramadhan.

Pemerintah terus berusaha menjaga pasokan kebutuhan pokok untuk tetap stabil dan tidak ada kenaikan harga.

Pemkot Depok berencana melakukan operasi pasar untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok selama Ramadhan maupun hari raya Idul Fitri 2021.

Penulis:

Baca Juga