Resmi! Liga 1 dan 2 2020 Dihentikan

Jakarta, Akuratnews.com - Dunia olahraga juga terimbas wabah virus Corona yang semakin menjalar di tanah air. Liga 1 dan Liga 2 2020 akhirnya resmi dihentikan.

Keputusan ini disampaikan setelah adanya pertemuan antara Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia (Menpora), Zainudin Amali, bersama PSSI selepas pembukaan kick off Liga 2 2020 antara Persiba Balikpapan melawan Kalteng Putra di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (14/3).

Menpora Zainudin Amali mengatakan, perkembangan virus Corona yang semakin meluas di Indonesia membuat adanya kewaspadaan yang tinggi. Termasuk kegiatan sepakbola di Indonesia salah satunya Liga 1 dan Liga 2 yang saat ini tengah bergulir.

"Tadi Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) dan pengurus lainnya menyampaikan kepada saya tentang situasi serta kondisi sekarang," kata Zainudin.

"Saya berikan informasi ke PSSI sehingga itu menjadi bahan diskusi kami, khususnya tentang berlangsungnya Liga 1 dan Liga 2," imbuh Zainudin.

Sebelumnya, Menpora memang sudah memanggil beberapa cabang olahraga di Indonesia di Kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (13/3).

Dalam pertemuan itu, Zainudin menyerahkan semuanya kepada ketua cabang olahraga bila ingin memberhentikan sementara waktu pertandingan-pertandingan akibat merebaknya wabah virus Corona.

Dalam kesempatan itu,Ketua PSSI, Mochamad Iriawan menyebut, hasil diskusi dengan Menpora Zainudin Amali telah menyepakati menghentikan terlebih dahulu jalannya Liga 1 dan Liga 2.

Untuk Liga 1 2020 memang sudah tidak ada pertandingan selepas berakhirnya pekan ketiga lantaran PT Liga Indonesia Baru (LIB) menghentikan pertandingan karena awalnya akan ada pertandingan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2020 Grup G.

Namun, FIFA dan AFC memutuskan menunda pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 karena semakin meluasnya wabah virus Corona di dunia.

"Hasil diskusi telah disepakati Liga 1 memang harus berhenti dan memang ternyata sudah off. Tadi kami diskusikan lebih ke Liga 2," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

"PT LIB sudah menyampaikan ke semua klub Liga 1 dan Liga 2 bahwa tanggal 15 Maret 2020 menjadi pertandingan terakhir dan mulai 16 Maret 2020 sudah tidak ada pertandingan di dua kompetisi tersebut," imbuh Iwan Bule.

Soal sampai kapan waktu penundaan pertandingan, Iwan Bule mengatakan, penundaan sampai dua minggu ke depan sejak 16 Maret 2020.

"Kami tentukan hingga dua minggu ke depan sampai perkembangan corona dan kabar dari pemerintah," tutup Iwan.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga