Bulan Bhakti Pramuka

Sematkan Lencana Pancawarsa, Saiful Ilah Yakin Generasi Muda Bukan Pecundang!

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah saat menyematkan lencana Pancawarsa II di dada Wabup Nur Ahmad Syaifuddin yang selama ini menjabat Ketua Kwarcab Pramuka Sidoarjo. (Wachid Yulianto/Akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Sejak awal Pramuka dirancang sebagai sarana pendidikan nonformal bagi generasi muda untuk perekat bangsa dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu disampaikan Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Pramuka Sidoarjo dalam arahannya saat memimpin apel besar peringatan 58 tahun Hari Pramuka 2019 di Alun-alun Sidoarjo, Rabu (14/8/2019).

Apel besar Hari Pramuka bertema "Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI" ini diikuti ribuan anggota Pramuka terdiri dari penggalang, penegak dan pandega. Juga, pasukan kehormatan dari lapas Sidoarjo dan Porong, serta pasukan khusus Pramuka se-Kabupaten Sidoarjo.

“Kegiatan Pramuka sangat mulia, karena mendidik generasi muda memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana. Terutama, mencetak manusia berjiwa Pancasila, setia dan taat kepada NKRI. Sehingga, berguna bagi pembangunan bangsa dan negara," tuturnya.

Lebih lanjut, Bupati Saiful Ilah berharap, segenap anggota Pramuka untuk tidak berhenti berkreasi dan berkarya. Intinya, memanfaatkan masa muda dengan kegiatan positif dan produktif.

"Saya yakin generasi muda Indonesia adalah generasi yang unggul, hebat, kreatif dan petarung, bukan pecundang," tandasnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Saiful Ilah menyematkan lencana Pancawarsa bagi dua puluh anggota Pramuka. Pancawarsa merupakan penghargaan untuk anggota dewasa dan pembina Gerakan Pramuka.

Salah seorang penerima lencana Pancawarsa itu adalah Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifuddin, yang selama ini menjabat Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Sidoarjo. Oleh karena, dia telah mengabdi selama sepuluh tahun, maka lencana Pancawarsa II yang disematkan padanya.

Tahun ini, peringatan Hari Pramuka di Sidoarjo, bakal dimeriahkan dengan kegiatan bakti masyarakat yang bertagline "Pramuka Bersih Negeri". Kegiatan ini meliputi aksi donor darah dan penetapan Agustus sebagai Bulan Bakti Pramuka.

Dalam kegiatan Bulan Bakti Pramuka itu, akan dicetuskan Komitmen gerakan Pramuka untuk mengurangi sampah plastik, aksi bersih sampah plastik serta aksi bersih pantai, laut, sungai, penghijauan dan sebagainya.*

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga