Start Hari Ini, Tiket KA Lebaran 2020 Siap Dipesan

Jakarta, Akuratnews.com - Hari Raya Idul Fitri 2020 tinggal tiga bulan lagi. Dan guna menyambut musim mudik nanti, PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi membuka layanan pemesanan tiket Kereta Api (KA) sejak hari ini, 14 Febuari 2020 mulai pukul 00.00 WIB.

Pemesanan tiket inj berlaku untuk H-10 Idul Fitri 2020 atau tanggal 14 Mei 2020 mendatang dan seterusnya.

“Untuk tahun ini, PT KAI menyediakan 879.736 tiket mudik Lebaran yang bisa dipesan sejak H-90 untuk keberangkatan H-10 Lebaran," ujar
Edi Sukmoro, Direktur Utama PT KAI, Jumat (14/2).

Ditambahkan Edi, sejauh ini pihaknya hanya menyediakan KA reguler yang melayani rute-rute mudik di seluruh Jawa dan Sumatera. Sedangkan untuk pemesanan KA tambahan lebaran, PT KAI masih belum menentukan rute-rute mana yang akan ada kereta tambahan untuk mudik lebaran.

“Sejauh ini yang bisa dipesan hanya untuk KA reguler saja, sedangkan untuk tiket KA tambahan Lebaran masih menunggu keputusan rute mana saja yang nantinya akan dilayani," jelas Edi.

Pemesanan tiket dapat dilakukan para calon pemumpang melalui situs web kai.id, aplikasi KAI Access, dan semua channel penjualan tiket KAI resmi lainnya serta aplikasi perjalanan yang ada.

"Saya menghimbau kepada calon penumpang agar lebih teliti dalam memasukkan tanggal, rute, dan data diri saat melakukan pemesanan tiket,” tambahnya.

Terkait keluhan sejumlah penumpang tentang padatnya trafic saat pemesanan tiket melalui metode online yang biasa terjadi, PT. KAI juga telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi meningkatnya jumlah pengunjung channel penjualan tiket.

“Kita berupaya mengoptimalkan sistem penjualan tiket serta menambah kapasitas server dan bandwidth sebanyak dua kali lipat dari hari biasa. Oleh sebab itu, saat akan memesan tiket Lebaran, pastikan koneksi internet stabil, siapkan juga rute atau tanggal alternatif perjalanan, serta cek ketersediaan tiket secara berkala,” pungkas Edi.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga