Survei Charta Politika: DPR Lebih Baik dari MPR dan DPD

Pemaparan Hasil Survei Charta Politika "Rapor DPR", Jl. Pakubuwono, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (28/8/2018). Foto: Rahmi/Akuratnews.com

Jakarta, Akuratnews.com - Hasil survei yang dilakukan oleh Asumsi yang bekerjasama dengan Charta Politika terhadap 800 responden menunjukkan, kinerja Dewan Perwakilan Daerah (DPR) Republik Indonesia baik di mata masyarakat.

Dari tiga fungsi DPR, fungsi pengawasan merupakan fungsi yang dinilai paling optimal. Muslimin Tanja selaku Manajer Riset Charta Politika mengatakan, penilaian masyarakat ini didasarkan pada sikap para wakil rakyat yang kerap mengkritik kinerja pemerintah.

"Pengawasan jauh lebih besar. Di satu sisi DPR diketahui sebagai lembaga yang fungsinya legislasi. Tapi bagi publik kinerja dewan yang optimal adalah fungsi pengawasan," terangnya saat ditemui di Resto Penang Bistro, Jakarta Selatan, Selasa (28/8/2018).

Muslimin menambahkan, fungsi legislasi merupakan fungsi DPR yang paling diingat oleh masyarakat. Kendati demikian, masyarakat menilai kinerja tersebut belum optimal.

"Fungsi legislasi jauh dari target. Kenapa fungsi pengawasan lebih tinggi karena DPR memang lebih rajin mengkritik pemerintah," ujarnya.

Disamping itu, hasil survei ini juga menunjukkan kinerja DPR yang lebih baik dibandingkan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dalam menjalankan fungsi-fungsinya.

"Sebanyak 34.8 persen responden menilai kinerja DPR lebih baik dibandingkan MPR yakni 12.8 persen dan DPD sebanyak 11.3 persen," tukas Muslimin. (Rhm)

Penulis:

Baca Juga