Tanggapi Cegah Karhutla, Dandim Abdya: Power Pers Luar Biasa

Ilustrasi photo TNI saat penanggulangan Karhutla (photo : Heri Purwanto/akuratnews.com)
Ilustrasi photo TNI saat penanggulangan Karhutla (photo : Heri Purwanto/akuratnews.com)

Abdya, Akuratnews.com - Dandim 0110/Abdya Letkol Czi M Ridha Has, S.T., M.T. mengamini pernyataan Kapolres Abdya AKBP Muh Nasution, SIK yang menyatakan akan menindak tegas tanpa pandang bulu bagi pelaku pembakar hutan dan lahan di wilayah hukum Aceh Barat Daya (Abdya).

"Ya benar. Akan kita tindak siapa saja yang melanggar. Mau itu pejabat, pengusaha, masyarakat akan kita proses," kata Dandim Abdya saat dijumpai akuratnews.com di Blangpidie, Jumat (17/7/2020).

Dandim mengimbuhkan, peringatan ini bukan tanpa dasar. Kebakaran Hutan Lahan (Karhutla) tidak bisa dianggap sepele. Belajar dari pengalaman sebelumnya, wilayah kepulauan Sumatera termasuk Aceh pernah dicekoki Asap Karhutla hingga saat itu selain menghambat aktivitas, juga tidak sedikit warga terjangkit Ispa.

Oleh karena itu, lanjut Dandim, hingga saat ini jajarannya bersama sinergi Polri dan komponen lainnya masih terus lakukan upaya pencegahan Karhutla, baik melalui sosialisasi maupun patroli terpadu.

"Di wilayah kita Babinsa dan Babinkamtibmas juga tidak pernah henti menginformasikan Pasal 78 ayat 3 UU RI No 41 Tahun 1999, yang bahwasahnya siapa saja yang dengan sengaja membakar Hutan Lahan bisa dipidana penjara hingga 15 tahun," ungkapnya.

Disinggung soal ultimatum Presiden yang akan mencopot jabatan Pangdam-Kapolda hingga Dandim-Kapolres, Letkol kelahiran Blangpidie tahun 1973 ini menegaskan, bahwa pangkat dan jabatan adalah amanah sementara dari Tuhan YME. Segala kewenangan dan kekuasaan yang dimiliki tidak akan berarti bila tidak digunakan untuk kemaslahatan bangsa.

"Pribadi saya tidak mengedepankan jabatan, karena ini adalah amanah. Sama halnya dengan rekan pers. Pers memiliki power yang luar biasa. Maka dari itu saya yakin dengan power ini pribadi rekan-rekan juga ingin bermaslahat untuk daerah," tandas Dandim.

Sebelumnya, Kamis (16/6) kemarin Abdya melaksanakan apel kesiap siagaan penanggulangan bencana Karhutla di lapangan Pemkab setempat. Apel ini digelar untuk meningkatkan kewaspadaan bersama dalam menghadapi musim kemarau, mengingat sebagian wilayahnya terdiri dari perkebunan, hutan dan lahan gambut yang rentan dari Karhutla.

Penulis: Heri Purwanto

Baca Juga