Tiga Gedung Sekolah di Depok Ditarget Selesai Tahun 2020

Depok, akuratnews.com- Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat tengah bersiap untuk lebih tingkatkan kualitas sarana insfrastruktur pendidikan. Tiga gedung sekolah rencananya akan rampung dibangun pada tahun 2020 mendatang.

Melalui Dinas Pendidikan Depok, upaya tersebut ditarget bisa rampung pada satu tahun ke depan.

"Pada tahun 2020, kami berupaya untuk menuntaskan pembangunan sekolah negeri yang masih menumpang di sekolah lain", ujar Kepala Dinas Pendidikan Mohammad Thamrin, Jumat,(12/7/2019).

Pihaknya juga mengaku akan optimalkan sejumlah lahan kosong di sekolah untuk dijadikan ruang kelas. Tujuanya untuk tingkatkan daya tampung siswa di sekolah.

"Nantinya lahan kosong di sekolah juga akan dioptimalkan jadi ruang kelas", papar nya.

Terkait angka ideal gedung sekolah di Depok, Thamrin mengaku jika antara usia sekolah dengan jumlah sekolah masih belum memadai.

"Saat ini jumlah sekolah negeri ada 13 unit gedung untuk SMA Negeri, 4 gedung SMK Negeri dan 26 gedung SMP Negeri. Jika dibandingkan dengan usia sekolah, memang masih belum maksimal", jelas Thambrin kepada akuratnewscom.

Ia menjelaskan, Idealnya ditingkat Kelurahan minimal ada satu gedung SMPN dan tiap wilayah Kecamatan minimal bisa terbangun tiga sampai empat SMA Negeri atau SMK Negeri.

Untuk pengelolaan sekolah tersebut, lanjut Thamrin, sudah berada di tangan Provinsi Jawa Barat. "Untuk SMA Negeri dan SMK Negeri sejak Januari tahun 2017 menjadi kewenangan pemerintah Provinsi Jabar", jelas Thamrin.

Seperti diketahui, hingga sekarang di Depok masih terdapat tiga SMP Negeri yang masih menumpang belajar di sekolah lain lantaran belum miliki gedung sekolah. Tiga sekolah itu antaralain, SMP Negeri 21, 25 dan 23.

Penulis: Eko Ahdayanto
Editor: Redaksi

Baca Juga