Warga Transmigrasi di Morowali Tuntut Kejelasan Lahan

Morowali, Akuratnews.com - Warga Transmigrasi di Bungku Barat Kabupaten Morowali, Propinsi Sulawesi Tengah bakal melakukan aksi unjukrasa menuntut kejelasan lahan usaha yang merupakan hak mereka dan merupakan kewajiban pemerintah kepada warga transmigrasi.

Hal ini disampaikan, warga transmigrasi Bahoea Reko-Reko, Nurahim, Minggu (10/11/2019). "Atasnama Aliansi Masyarakat Transmigrasi Kecamatan Bungku Barat, sudah melayangkan surat pemberitahuan aksi ke Polres dengan estimasi massa sebanyak 500 orang," katanya.

Ia mengatakan, rencananya aksi unjukrasa bakal dilaksanakan pada, Rabu, 13 November 2019. "Adapun rute aksi, massa akan berkumpul dari Transmigrasi Bahoe menuju Kantor DPRD Kabupaten Morowali untuk menyampaikan pendapat sekaligus tuntutan," ungkapnya.

Menurut Nurahim, ada beberapa tuntutan dalam unjukrasa Aliansi Masyarakat Transmigrasi Kecamatan Bungku Barat. Pertama, menuntut kejelasan hak kepemilikan lahan, sebagaimana diamantkan oleh UU nomor 15 tahun 1997 tentang transmigrasi.

"Kedua, menuntut adanya peran pemerintah dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat transmigrasi. Ketiga, menuntut adanya peran pembinaan dari pemerintah dalam upaya menyukseskan program transmigrasi sesuai amanat undang-undang transmigrasi," terang Nurahim.

Apapun yang menjadi alasan pemerintah, tambahnya, masyarakat transmigrasi tidak ingin mengetahuinya. Ia beralibi, kehadiran mereka telah jelas diatur berdasarkan undang-undang tentang transmigrasi. "Kami berharap, hak kami sebagai masyarakat transmigrasi terpenuhi," pungkasnya.

Penulis: Wardi Bania
Editor:Redaksi

Baca Juga