oleh

Wisata Religi Situ Jatijajar Direhabilitasi

Depok, Akuratnews.com – Bangunan musholla yang jadi lokasi wisata religi di area Situ Jatijajar, Tapos Kota Depok di renovasi. Bangunan yang berdiri sejak belasan bahkan puluhan tahun lalu itu juga masih memerlukan bantuan dana untuk merampungkan sejumlah bagian musholla yang di renovasi.

Giat renovasi itu dilakukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) bersama majelis musholla Al Karomah pada Minggu,(27/01/2019). Sekitar 20 orang terlibat dalam giat yang dananya berasal dari swadaya warga majelis

“Sumber dananya dari anggota majelis dan para donatur. Untuk saat ini total anggaran yang ada baru mencapai Rp.16.050.000 juta. Rp 4 juta diantaranya berasal dari bank DKI,” kata Ketua Majelis di musholla Al Karomah, Iwan Arba.

Renovasi itu dilakukan karena adanya kerusakan di sejumlah bagian bangunan musholla. Selain terdapat kerusakan, halaman depan musholla juga akan ditambah dengan kanopi.

Menurut Iwan, sejumlah bagian yang akan direnovasi itu diantaranya, bagian atap musholla, kayu kusen depan tempat imam, tempat wudhu, kamar mandi dan penambahan kanopi untuk perluasan kegiatan majelis zikir Al Karomah.

Dari total dana yang saat ini ada, lanjutnya, masih dibutuhkan sumber dana dari para donatur yang ingin menginfakan hartanya untuk kegiatan renovasi musholla Al-Karomah yang juga merupakan bagian dari wisata religi di Situ Jatijajar.

Kesempatan sama, Ketua Pokdarwis Jatijajar, Taryono mengatakan pihaknya bersama rekan-rekan majelis Al Karomah secara bergotong-royong mengerjakan renovasi musholla yang letaknya persis di area pinggir situ.

“Alhamdulillah yang kerja dari rekan-rekan majelis dan Pokdarwis. Semoga renovasi ini bisa berjalan lancar sesuai yang diharapkan,” ujarnya.

Seperti diketahui, wisata religi yang ada di Situ Jatijajar telah banyak dikunjungi warga dari sejumlah daerah dari dalam maupun luar Kota Depok. Mayoritas para wisatawan yang datang untuk melakukan dzikir dan sejumlah kegiatan keagamaan lainya seperti bersholawat, sholat wajib maupun sunnah.

Warga setempat menyebut jaman dahulu diarea tempat yang saat ini sebagai musholla Al Karomah merupakan petilasan dari Prabu Siliwangi yang konon cerita merupakan raja pada zaman Pakuan Pajajaran Pasundan. (Eko)

Loading...

Komentar

News Feed