oleh

Kasau Berangkatkan Bantuan TNI Angkatan Udara Peduli Lombok

Jakarta, Akuratnews.com – Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna memimpin upacara pemberangkatan bantuan Keluarga Besar TNI Angkatan Udara untuk korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) di Baseops Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (9/8/2018).

“Pada kesempatan ini, saya sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya kepada keluarga korban di Lombok,” kata Kasau dalam amanatnya.

Musibah ini pada hakekatnya merupakan ujian dari tuhan yang maha kuasa yang tidak kita minta. Namun ketika bencana itu datang, kata Kasau, kita tidak bisa menolaknya. Oleh karena itu, sebagai insan yang beriman hendaknya menerima ujian ini dengan sabar, tabah, dan tawakal.

“Kita doakan para korban gempa yang meninggal dunia arwahnya diterima di sisi tuhan dan diampuni segala dosa-dosanya. Sedangkan bagi masyarakat yang menderita luka-luka semoga mendapat kesembuhan,” ujar Kasau.

Pasca terjadi gempa TNI AU telah menggerakan beberapa pesawat Herkules dan CN-295 untuk mengangkut personel TNI, Polri dan para relawan ke Lombok, untuk membantu mencari dan mengevakuasi korban serta memperbaiki Sarpras yang rusak.

Hari ini TNI AU kembali alan mengerahkan beberapa pesawat Herkules untuk membawa bantuan berupa bahan makanan, pakaian, obat-obatan dan perlengkapan lainnya yang berhasil dikumpulkan dari warga TNI Angkatan Udara, instansi pemerintah, swasta,sumbangan masyarakat dan komponen organisasi lainnya bagi korban gempa di Lombok.

“Pengerahan pesawat terbang TNI AU ini akan terus dilakukan sampai keadaan benar-benar terkendali dan normal kembali. Hal ini menjadi tugas realisasi TNI AU dalam melaksanakan kegiatan operasi militer selain perang (OMSP) yaitu membantu penanggulangan bencana alam,” tukasnya.

Bantuan yang dihimpun dan dikirimkan keluarga besar TNI AU untuk korban bencana alam Lombok tersebut berupa uang 1.149.742.722 yang diwujudkankan dalam bentuk barang sesuai kebutuhan.

TNI AU mengirimkan Satu tim posko TNI AU peduli Lombok, Satu tim alat kesehatan (Alkes) dan obat-obatan sebanyak 3,5 Ton beserta para medis sebanyak 20 orang, satu tim posko dapur umum TNI AU yang terdiri dari alat dapur lapangan dan sembilan bahan pokok makanan sebanyak 8,7 Ton beserta 76 orang personel dapur lapangan.

Selain itu, TNI AU juga mengirimkan makanan siap saji untuk balita dan dewasa sebanyak 3,5 Ton, pakaian, selimut, tikar, tenda dan jenset sebanyak 5,3 Ton dan satu set alat penjernih air bersama 2 orang operatornya. (Yan)

Komentar

News Feed