oleh

Komparasi Nilai Hutang Jokowi 3,5 Tahun dengan Hutang SBY 10 Tahun

Jakarta, Akuratnews.com – Politisi Gerindra Bambang S. Haryo, menyebut hutang negara era Presiden Jokowi terlampau lebih tinggi dibanding dengan hutang negara era Presiden SBY.

“Hutangnya Pak Jokowi ini kira-kira hampir dua kali lipat dari hutang zamannya Pak SBY selama 10 tahun,” kata Bambang melalui sambungan telepon kepada Akuratnews.com, Jumat (1/06/2018) lalu.

Menurut data Bambang, negara di bawah kepemimpinan mantan Walikota Solo itu telah mencapai angka hutang sekitar Rp 7000an triliun. Bambang merinci, sebanyak Rp 3000 triliun merupakan hutang BUMN era Jokowi, ditambah dengan hutang negara sekitar Rp 4.300 triliun.

“PLN kan Rp 2000 triliun hutangnya ditambah dari karya-karya yang lain termasuk Pelindo, Angkasa Pura dan lain-lain totalnya itu sudah sekitar 3000 triliun,” urai Bambang.

Nilai tersebut, terlampau besar jika dibanding dengan hutang negara pada saat dipimpin SBY yang hanya senilai Rp 1700 triliun selama 10 tahun SBY menjadi Presiden. Dan jauh lebih tinggi lagi jika dibanding dengan hutang negara selama 60 tahun sebelum era SBY yang hanya sebesar Rp 600 triliun.

Karenanya, Bambang berpendapat, Pemerintah harus serius mengkaji proyek-proyek yang menelan anggaran fantastis tersebut.

“Hampir 80% proyek infrastruktur kita itu sebenarnya tidak memiliki asas manfaat terhadap pertumbuhan ekonomi atau untuk mensejahterakan rakyat,” kata Bambang.

Ia melanjutkan, hampir seluruh pengoperasian proyek infrastruktur nasional era Jokowi, telah membuat negara menjadi boros. “Dan itu, saya bisa mempertanggungjawabkan apa yang saya omongkan,” pungkas Bambang. (MDz)

Komentar

News Feed