oleh

Resmi jadi Cawapres, KH. Ma’ruf Amin diminta Tinggalkan Jabatan Ketua MUI

Jakarta, Akuratnews.com – KH. Ma’ruf Amin selaku ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) disarankan untuk mundur dari jabatannya. Hal ini berkaitan dengan dirinya yang resmi menjadi calon wakil Presiden (Cawapres) Joko Widodo.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mudjahid mengatakan, KH. Ma’ruf Amin sebaiknya mundur dari Ketua MUI.

Ia merujuk kepada Pasal 3 AD MUI yang dengan tegas mengatakan bahwa MUI adalah lembaga independen. Sementara Pasal 6 mengatakan bahwa MUI adalah penghubung ummat dengan umara dan penerjemah timbal balik kepentingan ulama dan umara.

Kang Sodik, begitu panggilan akrabnya menilai, dengan posisi sebagai Cawapres saat ini akan sulit bagi KH. Ma’ruf Amin untuk bersikap independen dalam memimpin MUI.

Selain itu, pengunduran diri sebagai ketua MUI juga akan membebaskan KH. Ma’ruf Amin dari kesulitan dan tekanan psikologis. Misalnya saja ia harus membuat fatwa-fatwa yang berbeda atau independen dengan kebijakan pemerintah.

“Langkah pengunduran diri ini juga akan memberikan manfaat bagi MUI, ummat, pemerintah, bangsa dan KH. Ma’ruf Amin sendiri”, ujarnya di Jakarta, Minggu (12/8/2018).

(Rhm)

Komentar

News Feed