5 Peluang Bisnis di Bidang Travel Online yang Menguntungkan

5 Peluang Bisnis di Bidang Travel Online yang Menguntungkan
5 Peluang Bisnis di Bidang Travel Online yang Menguntungkan

AKURATNEWS - Apakah Anda merupakan orang yang menyukai dunia traveling? Jika demikian, apakah Anda ingin memulai peluang bisnis online di bidang travel? Mungkin Anda mengira bila bisnis travel online merupakan bidang usaha yang hanya menyediakan rental kendaraan secara online.

Padahal, bisnis travel online ada berbagai macam seperti usaha yang menjual tiket, paket wisata dan lainnya. Bila Anda menyukai dunia traveling, tidak ada salahnya mencoba bisnis ini. Selain menjadi peluang yang menjanjikan, usaha ini juga mudah dijalankan.

Pilihan Bisnis Travel Online

Mulai tertarik mencoba bisnis di bidang travel online tetapi masih bingung untuk memulainya? Berikut beberapa ide usaha travel online yang dapat Anda coba, seperti:

1.     Menyediakan Tiket

Peluang bisnis travel online pertama yang dapat Anda coba adalah menyediakan voucher hotel serta transportasi seperti tiket bus, pesawat dan kereta. Sekarang ini, banyak agen travel yang menjual tiket akomodasi tersebut.

Saat Anda membuka usaha ini, tawarkan promo menarik serta harga yang bersaing. Hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan dan bisnis travel yang Anda miliki akan semakin diminati.

2.     Menyediakan Rental Kendaraan

Rental kendaraan dapat dikatakan sebagai salah satu bisnis travel yang mempunyai peluang sangat tinggi. Anda dapat membuat website atau menawarkan jasa ini di media sosial.

Bagaimana jika tidak memiliki mobil maupun motor pribadi yang dapat disewakan? Jika terkendala masalah modal dan tidak memiliki kendaraan pribadi, bisnis ini tetap dapat dijalankan.

Baca juga: Hendri Saputra, Penjaga Meja Billiard Yang Punya Mobil Tesla Pertama di Kalbar

Anda dapat bekerjasama dengan pusat rental kendaraan, kemudian menjadi agen online jasa rental kendaraan tersebut. Di musim liburan, bisnis ini tentu akan laris manis. Anda bukan hanya bisa bekerjasama dengan satu rental kendaraan, tetapi banyak rental kendaraan di kota Anda.

3.     Menyediakan Paket Wisata

Rekomendasi yang lainnya adalah menyediakan paket wisata. Namun, jika ingin menyediakan paket wisata, Anda harus mengenal sejumlah destinasi wisata. Selain itu, Anda juga harus memilih objek wisata yang sekarang ini sedang hits.

Destinasi wisata yang sedang hits tentu menjadi daya tarik tersendiri untuk calon pelanggan. Pastikan memilih objek wisata yang sedang populer serta memiliki fasilitas memadai seperti tempat parkir, tempat makan yang lezat, tempat ibadah hingga toilet yang bersih.

Kemudian, pastikan pula jika di sekitar lokasi tempat wisata tersebut juga terdapat destinasi wisata lain. Ini akan mengurangi biaya transport. Bila Anda menyediakan paket wisata serta penginapan, pilih lokasi penginapan yang murah, dan nyaman.

Kemudian, sesuaikan kelas hotel serta jenis paket yang dibuat. Anda juga harus bekerjasama dengan restoran yang mempunyai kualitas makanan terbaik, sehingga tidak akan mengecewakan pelanggan.

Baca juga: 10 Wisata Alam Tawangmangu yang Cocok untuk Liburan Saat Cuti Kerja

Sebelum menawarkan paket ini, Anda harus melakukan survey ke destinasi yang Anda tawarkan. Dengan ini Anda dapat memperhitungkan waktu yang dibutuhkan dari satu tempat ke tempat lain.

Kemudian, buat website khusus untuk menawarkan paket wisata yang Anda miliki. penuhi website dengan konten-konten menarik sehingga pengunjung website tertarik untuk mengunjungi destinasi yang Anda tawarkan.

1.     Menjadi Travel Blogger

Dengan perkembangan internet yang pesat, Anda dapat menjadi travel blogger. Peluang bisnis online ini menjadi salah satu pilihan yang sedang hits beberapa waktu belakangan ini. Banyak influencer yang mempromosikan karyanya di berbagai media seperti Instagram dan YouTube.

Penghasilan yang dimiliki juga tidak main-main, bahkan ada yang berpenghasilan hingga ratusan juta. Dengan menjadi travel blogger, Anda dapat memperoleh fasilitas penginapan gratis karena sejumlah hotel menawarkan fasilitas yang mereka miliki untuk di review.

Baca juga: Intip Kiat Jadi Travel Influencer Ala Travel Blogger Ini

Bila website yang Anda miliki ramai pengunjung, Anda dapat berpartner dengan Google. Sehingga, Anda bukan hanya memperoleh satu sumber penghasilan saja.

2.     Menjadi Fotografer Khusus Liburan

Mengabadikan sejumlah moment indah saat liburan merupakan hal yang wajib dilakukan. Bukan hanya bisa menyediakan tiket transportasi dan menyewakan kendaraan, Anda juga dapat menggunakan kemampuan foto menjadi bisnis.

Contohnya saja seperti menjadi fotografer khusus untuk orang yang sedang liburan. Selain menjanjikan, tidak sedikit fotografer Indonesia yang sukses menjalankan bisnis ini. Anda bisa menjadi yang selanjutnya bukan?

Tips Memulai Bisnis Travel Online

Pada dasarnya, bisnis travel online menjadi peluang yang mudah dijalankan. Dengan menggunakan sistem ini, Anda hanya memerlukan perlengkapan elektronik komputer serta jaringan internet.

Meskipun demikian, bukan berarti kita bisa dengan mudah mencapai sukses ketika menjalankannya. Lantas, bagaimana cara agar sukses dalam menjalankan bisnis ini? Berikut kiat-kiat yang dapat Anda ikuti, seperti:

1.     Siapkan Perlengkapan Bisnis dengan Baik

Agar dapat meraih sukses ketika menjalankan bisnis ini, pastikan menyiapkan seluruh perlengkapan dengan baik. Komponen yang penting yang diperlukan adalah koneksi internet untuk menjalankan bisnis, website official serta perlengkapan penunjang bisnis.

Contohnya, jika Anda ingin menjadi fotografer liburan, selain menyiapkan website dan koneksi internet, Anda juga harus menyiapkan kamera yang mumpuni. Jangan lupa menyediakan komputer dengan spesifikasi serta kinerja yang baik.

2.     Cintai Traveling

Bisnis yang didasari pada kesukaan mempunyai peluang yang jauh lebih besar untuk sukses. Dengan rasa cinta pada sebuah bidang, Anda bisa bersemangat untuk menjalankan usaha dengan semaksimal mungkin.

Karena bisnis ini berbasis pada traveling, pengusaha yang menjalankannya juga harus mencintai dunia traveling. Apalagi konsumen yang Anda jadikan target adalah orang yang suka traveling. Bila Anda mempunyai kecintaan yang sama dengan mereka, konsumen tentu akan lebih senang.

1.     Miliki Nama Brand yang Menarik

Setiap bisnis pada dasarnya memerlukan nama yang menarik konsumen. Bukan hanya untuk menarik konsumen, nama usaha juga berguna untuk konsumen sehingga memudahkan mereka mencari alamat usaha Anda.

Ketika membuka bisnis travel ini, pastikan memiliki nama usaha yang menarik. Nama tersebut seperti mudah dalam pelafalan, mudah ditulis dan mudah diingat. Dengan semakin mudahnya bisnis di hafal, akan semakin besar pula Anda menarik minat konsumen.

2.     Beri Penawaran Menarik

Perlu diketahui, harga menjadi acuan untuk konsumen. Lebih-lebih jika bisnis travel yang Anda jalankan sudah banyak yang membukanya. Dari sini, persaingan harga akan tercipta menjadi semakin sengit.

Baca juga: Bukan Hanya Tawarkan Konsep Promosi Pariwisata Kreatif, Dairi Realisasikan Energi Bersih

Sebagai pelaku usaha, pastikan Anda memiliki strategi khusus agar dapat menghadapi hal tersebut. Salah satu caranya adalah memberikan harga menarik. Anda dapat memberi promo di moment tertentu atau memberi potongan harga namun dengan ketentuan khusus.

Contohnya saja seperti Anda memberikan potongan harga sebesar 10%. Namun, berikan mereka syarat seperti harus mengupload di media sosial jika membeli layanan Anda. Atau pemberian diskon 7% di bulan Juli, 8% di bulan Agustus tanggal tertentu.

1.     Kuatkan Promosi

Agar dapat menarik banyak konsumen, mau tidak mau Anda harus melakukan sejumlah promosi yang menarik. Anda dapat menjalankan promosi secara online seperti membuat website official, menggunakan jasa pemasaran media sosial dan lainnya.

Baca juga: 7 Cara Berburu Tiket Promo yang Mudah Untuk Rencanakan Liburan

Jika ingin menjalankan peluang bisnis online ini, Anda dapat menerapkan sejumlah tips di atas. Namun, selain menerapkan sejumlah tips di atas, pastikan untuk tetap semangat serta bekerja keras, karena merintis usaha tanpa kerja keras akan sulit untuk sukses. ***

Penulis: Sumantri Kalimantoro
Editor: Ahyar

Baca Juga