Benahi Tata Kelola, DPR Desak Pemerintah Segera Umumkan HPP Migor Curah

DPR Desak Pemerintah Segera Umumkan HPP Migor Curah
DPR Desak Pemerintah Segera Umumkan HPP Migor Curah

AKURATNEWS - Pemerintah didesak untuk segera umumkan harga pokok produksi (HPP) minyak goreng curah agar diketahui besaran harga jual keekonomian yang wajar.

Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto menganggap salah satu penyebab carut-marut tata kelola minyak goreng ini karena pemerintah tidak jelas berapa hpp migor ini sebenarnya.

Akibatnya terjadi ketidakjelasan soal harga migor di pasaran. Muncul argumentasi pengusaha bahwa HET yang ada kerendahan dan lain sebagainya.

Sampai hari ini harga migor curah di pasar tradisional jauh di atas HET yang ditetapkan. Harga mengikuti mekanisme pasar. Semua harga diatur dan ditentukan oleh pengusaha.

"Publik perlu tahu, sebenarnya berapa harga pokok produksi migor curah ini. Agar terang-benderang permainan harga migor dari tingkat produsen, distributor sampai di tangan masyarakat" kata Mulyanto dalam keterangan tertulis yang diterima AKURATNEWS, Kamis, 9 Juni 2022..

Menurutnya, selama ini angka produksi tersebut terkesan tertutup. Sehingga dikesankan, bahwa HET (Harga Eceran Tertinggi) ini jauh di bawah HPP, meski sudah disubsidi sekalipun.

Sehingga para produsen dan distributor menjual rugi dengan kebijakan HET ini. Akibatnya mereka enggan memproduksi migor curah tersebut.

"Terbukti Menperin mengeluh akan komitmen-nasionalisme para produsen dalam keikutsertaan pada program migor curah bersubsidi Kemenperin," jelas Mulyanto.

Mulyanto sendiri tidak yakin para pengusaha ini merugi dalam pasar migor yang oligopolistik. Dimana produsen lebih mampu mendiktekan harga di pasar.

Justru Mulyanto menilai sebaliknya, dari hari ke hari pengusaha migor ini semakin menumpuk kekayaaan mereka, bahkan mereka termasuk menjadi orang terkaya di Indonesia.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Wahyu Wicaksono
Editor: Ahyar

Baca Juga