Bupati Sidoarjo Minta Wartawan Jalin Kemitraan dengan Pemkab dan OPD

Bupati Saiful Ilah, didampingi Plt. Kepala Diskominfo, Setyo Winarno dan Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Evi Rupitasari saat membuka dan memberikan sambutan dalam kegiatan "Bimtek Insan Pers yang Bertugas di Lingkungan Pemkab Sidoarjo". (Foto: dok. Akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Mengingat, peran insan pers sangat penting dalam mendukung pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Sidoarjo. Karenanya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo perlu menjalin komunikasi atau kemitraan dengan insan pers untuk mewujudkan kepentingan publik itu.

Hal itu disampaikan Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah dalam sambutannya, saat membuka kegiatan "Bimbingan Teknis (Bimtek) Insan Pers yang Bertugas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo", digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sidoarjo, bertempat di Hall Room, Tanjung Plaza Hotel, Prigen, Pasuruan pada Kamis (12/9/2019).

"Agar terjalin hubungan harmonis antara Pemkab, insan pers dan masyarakat, sepatutnya insan pers mengedepankan tugas dan profesinya sesuai kode etik jurnalistik. Yakni, mengulas informasi secara benar dan lengkap, tanpa mengurangi maknanya, sehingga menghasilkan berita yang berimbang," ujarnya.

Maka itu, Bupati Saiful Ilah meminta semua wartawan yang menjalankan tugas peliputan di Pemkab Sidoarjo untuk menjalin kemitraan yang baik dengan para pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sidoarjo.

"Selaku Kepala Daerah, saya berharap seluruh wartawan yang bertugas di Pemkab Sidoarjo bisa menjalin kemitraan atau kerja sama yang baik dan menjaga toleransi dengan narasumber, terutama sumber berita dari sahabat-sahabat atau anak buah saya di OPD-OPD, yang terkait harus benar-benar digali dan jelas, agar hasil wawancara itu dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat umum," tandasnya.

Terpisah, Plt. Kepala Diskominfo Sidoarjo, H. Setyo Winarno menuturkan, pihaknya menyelenggarakan Bimtek insan pers Sidoarjo itu bertujuan untuk mengumpulkan, membina dan mengajak semua wartawan dari berbagai media, baik cetak, elektronik dan online yang ngepos di Pemkab Sidoarjo.

"Ke depan, kami berupaya secara fair, menjembatani rekan-rekan wartawan dengan mengikuti regulasi yang ada, agar lebih matang dalam memberikan informasi positif kepada masyarakat, terutama berkaitan pemerintahan dan pembangunan di Sidoarjo," jelasnya.

Dalam kegiatan Bimtek insan pers Sidoarjo yang dihadiri Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Sidoarjo, H. Joko Santoso dan diikuti sekitar tujuh puluh wartawan selama dua hari, Kamis dan Jumat (12 - 13/9/2019) itu, mengundang dua pembicara, yaitu Ketua PWI Jatim, Ainur Rochim serta Kabag Media dan Dokumentasi Biro Humas Pemprov Jatim, Arif Lukman Hakim. (*)

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga