Dirut PDAM Depok: Perseroda Tingkatkan Efektifitas Kinerja Perusahaan

Direktur Utama PDAM Depok M Olik Abdul Holik (tengah) dalam rapat umum pemegang saham bersama Wali Kota dan Sekdakot Depok
Direktur Utama PDAM Depok M Olik Abdul Holik (tengah) dalam rapat umum pemegang saham bersama Wali Kota dan Sekdakot Depok

AKURATNEWS- Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta Depok, M Olik Abdul Holik mengatakan bentuk Perseroan Daerah atau Perseroda dinilai mampu tingkatkan efektifitas kinerja.

Hal itu dikatakan M Olik pasca resmi resmi berubah badan hukum menjadi Perseroan Terbatas (PT) sejak 1 November 2021 lalu.

Menurutnya, perubahan status itu telah disahkan oleh Kemenkumham melalui Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor AHU-0068922.AH.01.01.

“Bentuk Perseroda ini dapat meringkas dan mempercepat pengambilan keputusan sehingga dapat meningkatkan efektifitas dan kinerja perusahaan, serta meningkatkan pelayanan dan berkontribusi pada PAD Kota Depok dan kepemilikan sahamnya 100% dimiliki oleh Pemerintah Kota Depok,” ujar Olik dalam keterangan yang diterima Akuratnews, Jumat,(24/12).

Kemudian, lanjut Olik, pada tanggal 30 November 2021 PT. Tirta Asasta Kota Depok (Perseroda) telah menyelenggarakan RUPS pertamanya dengan dua belas agenda. Kedua belas agenda pembahasan tersebut telah disetujui oleh pemilik saham tunggal PT. Tirta Asasta Depok yakni, Pemerintah Kota Depok.

M Olik menjelaskan, perubahan tersebut mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Dimana bentuk badan hukum terbagi menjadi dua yaitu Perusahaan Umum Daerah (Perumda) dan Perseroan Daerah” kata Dirut PDAM Depok itu.

Disebutkannya, pemilihan bentuk badan hukum Perseroda tersebut dilandasi oleh kajian tentang perubahan bentuk badan hukum PDAM yang telah 2 kali dilakukan oleh Pemerintah Kota Depok.

Kemudian ditetapkan oleh Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 10 Tahun 2021 Tentang Perusahaan Perseroan Daerah Air Minum Tirta Asasta Depok.

Penulis:
Editor: Redaksi

Baca Juga