Influence Whale, Tokoh Penting, dan Pemberitaan

AKURATNEWS - Whale itu sebenarnya merupakan sebuah istilah untuk seorang pedagang Crypto yang terbilang sangat besar dibanding yang lain. Jadi biasanya mereka memiliki aset Crypto yang cukup besar atau dalam jumlah yang terbilang sangat besar pada Hal-Hal yang Mempengaruhi Nilai Bitcoin

Di Indonesia tren untuk investasi ke Crypto seperti misalnya ke Bitcoin itu memang terbilang cukup tinggi ya. Beberapa tahun belakangan ini memang sudah ada cukup banyak orang yang memilih investasi ke Bitcoin dibandingkan dengan beberapa model investasi yang lainnya. Akan tetapi Crypto itu memiliki nilai fluktuatif yang sangat tinggi, sehingga memiliki risiko yang terbilang cukup besar lho.

Akan tetapi memang ada beberapa poin yang tentunya akan mempengaruhi harga atau juga nilai dari Bitcoin itu sendiri. Dan menurut kami orang-orang yang memilih investasi pada Bitcoin itu harus tahu dan juga paham dengan baik dan benar mengenai hal ini. Dan berikut ini kami akan jelaskan beberapa poin yang akan bisa mempengaruhi kenaikan dan juga penurunan dari Bitcoin itu sendiri.

 dunia trading Crypto. Jadi mereka memiliki jumlah Bitcoin yang besar itu adalah orang yang bisa disebut sebagai Whale. 

Whale ini akan sangat bisa lho mempengaruhi harga dari Bitcoin itu sendiri, apakah akan turun atau akan naik. Pada saat mereka akan membeli Bitcoin, maka kemungkinan akan menggerakkan pasar Bitcoin naik dengan pembelian dalam jumlah besar. Namun bisa juga menurunkan nilai dengan cara mereka memberikan sinyal jual atau menjual Bitcoin dalam jumlah besar juga. 

Pemberitaan pun bisa sangat mempengaruhi lho harga ataupun nilai dari Bitcoin itu sendiri, jadi informasi berita itu harus selalu Anda miliki. Pemberitaan mengenai serangan hacker misalnya akan jelas menurunkan nilai dari Bitcoin, atau pemberitaan soal larangan dan lain sebagainya. Namun pemberitaan baik seperti soal proyek atau kenaikan, atau pemberitaan soal disetujuinya Bitcoin akan meningkatkan nilai dari Bitcoin. 

Permintaan dan Ketersediaan

Seperti halnya pada barang ataupun aset yang lainnya, Crypto pun sangat dipengaruhi oleh permintaan dan juga ketersediaan dari Crypto. Seperti misalnya Bitcoin dengan persediaan yang sangat terbatas namun memiliki permintaan yang tinggi, ini yang menjadi penyebab nilai Bitcoin melonjak naik. Apalagi di beberapa tahun terakhir permintaan Bitcoin sendiri meningkat drastis, sehingga nilainya pun jadi sangat tinggi bahkan sempat menyentuh nilai tertinggi di 2021. 

Jadi konsepnya demikian

  1. Pada saat persediaan semakin sedikit namun banyak orang yang menginginkannya, maka nilainya akan naik
  2. Pada saat banyak yang menjual dan tidak ada yang membeli, sudah pasti nilainya akan turun
  3. Bila pembelian cukup banyak dan yang menjual sedikit kemungkinan harganya akan naik

Biaya Produksi Penambangan

Biasanya biaya untuk menambang Crypto pun akan berpengaruh cukup besar pada harga atau nilai dari Bitcoin tersebut. Seperti misalnya Bitcoin membutuhkan biaya yang tidak sedikit dengan komputer yang spesifikasi tinggi, GPU, dan lain sebagainya. Nah tentunya ini yang menjadi faktor harga dari Bitcoin pun jadi cukup tinggi, meskipun sekarang sedang merosot. 

Adopsi ke Dunia Nyata

Crypto adalah mata uang digital, akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk bisa dipakai di dunia nyata lho. Memang di Indonesia tidak dilegalkan sebagai alat pembayaran, akan tetapi di beberapa negara banyak yang menggunakannya. Dengan banyak diadopsi di dunia nyata sebagai alat pembayaran, maka kebutuhan akan Bitcoin itu akan meningkat dan ini akan berpengaruh pada harga. 

Aturan legal Bitcoin sebagai alat pembayaran saja itu sudah pasti akan meningkatkan nilai dari Bitcoin ini secara drastis. Sebaliknya kalau tidak diadopsi di dunia nyata atau dibatalkan, tentu akan membuat nilai dari Bitcoin ini akan merosot. Semakin banyak digunakan di dunia nyata permintaan makin tinggi dan tentunya nilainya pun akan juga semakin tinggi. 

Regulasi

Pengaruh berikutnya yang sangat bisa mempengaruhi harga atau nilai dari Bitcoin itu adalah regulasi dari pemerintah tertentu. Meskipun Crypto tidak bisa diatur karena sistemnya, namun tetap saja negara memiliki kekuatan untuk membuat aturan yang berpengaruh pada nilainya. 

Berikut poin dari regulasi yang akan berpengaruh pada harga. 

  1. Larangan terhadap Bitcoin itu akan membuat nilai dari Bitcoin itu akan turun
  2. Melegalkan Bitcoin sebagai investasi tentu akan membuat nilai dari Bitcoin itu meningkat
  3. Bila bisa dijadikan alat pembayaran, sudah pasti nilainya itu akan meningkat

Keserakahan dan Ketakutan Orang   

Terakhir adalah keserakahan orang untuk mendapatkan keuntungan lebih besar akan membuat orang membeli banyak VIP Bitcoin di Bitcoinlogin. Hal ini akan meningkatkan harganya, terlebih lagi kalau orang takut ketinggalan yang membuatnya akan membeli Bitcoin. Ini juga akan mempengaruhi harga dari Bitcoin, jadi itulah beberapa faktor yang mempengaruhi harga Bitcoin.***

Penulis: Redaksi

Baca Juga