Peduli Warga Lawan Virus Corona

IRANNALA Semprot Kawasan Perumahan dan Permukiman Warga di Sidoarjo

Huponk Edelweiss (2 dari kanan) bersama para aktivis IRANNALA usai penyemprotan di Desa Suruh, Sukodono, Senin (30/3/2020).
Huponk Edelweiss (2 dari kanan) bersama para aktivis IRANNALA usai penyemprotan di Desa Suruh, Sukodono, Senin (30/3/2020).

Sidoarjo, Akuratnews.com - Sejauh ini, ada 18 dari 37 Kabupaten/Kota di Jawa Timur masuk kategori zona merah, yakni daerah yang terjangkit virus Corona (Covid-19), termasuk Kabupaten Sidoarjo.

Karenanya, untuk mencegah Covid-19 agar tak menyebar lebih meluas, baik Pemerintah Kabupaten Sidoarjo maupun TNI/Polri, instansi swasta, orpol, ormas, organisasi kepemudaan dan LSM se-Sidoarjo bergerak melawan virus yang telah mengakibatkan tiga orang meninggal dunia di wilayah ini.

Salah satu organisasi kepemudaan yang bergerak melawan Covid-19 itu, adalah IRANNALA (Ikatan Remaja Antinarkotika dan Pecinta Alam) Sidoarjo.

Bentuk perlawanan yang dilakukan para aktivis IRANNALA terhadap virus mematikan tersebut, berupa penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah kawasan perumahan dan permukiman warga di Sidoarjo selama sepekan, sejak Minggu (29/3/2020) - Minggu (5/4/2020).

"Sebagai aktivis, juga sebagai warga Sidoarjo, ketika melihat daerah kami masuk zona merah, tentu saya merasa prihatin. Apa yang bisa saya perbuat? Lalu, saya coba berkomunikasi dengan teman-teman sesama aktivis IRANNALA. Akhirnya, kita sepakat penyemprotan disinfektan. Dananya, kita ambilkan dari kas IRANNALA," kata Huponk Edelweiss, seorang pendiri IRANNALA pada Akuratnews.com, Senin (30/3/2020).

Dijelaskan Huponk, kegiatan sosial yang melibatkan belasan aktivis IRANNALA itu, mengawali penyemprotan di kawasan Perumahan Kepuh Permai dan Permukiman warga Desa Janti, Kecamatan Waru. Kemudian, berlanjut di Desa Suruh, Bangsri dan Saimbang, Kecamatan Sukodono.

Menanggapi kegiatan penyemprotan disinfektan yang dilakukan para aktivis IRANNALA itu, Kepala Desa Suruh, Ismani sangat mengapresiasinya.

"Selaku kepala desa sekaligus mewakili warga Suruh, kami merasa bangga terhadap kepedulian para aktivis IRANNALA yang mau menyemprot desa kami ini, guna mencegah virus Corona. Intinya, kami senang dan mendukung kegiatan IRANNALA ini," ujar Ismani tersenyum.

Baca Juga