Debat Pamungkas

Jokowi Pamerkan Program PNM

Jakarta, Akuratnews.com - Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) memamerkan program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) dalam mengatasi ketimpangan perempuan dalam perekonomian. Sementara itu, Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno mengandalkan OKE-OCE.

Jokowi mengatakan, program Mekaar yang dikelola oleh PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM saat ini telah menjangkau lebih dari empat juta nasabah yang sebagian besar adalah perempuan.

"Untuk ekonomi perempuan, kita memiliki program Mekaar dari PNM sudah empat tahun ini nasabahnya sudah 4,2 juta. Tahun ini kita targetkan lebih dari 10 juta," kata Jokowi di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Mekaar adalah program pemberian kredit kepada nasabah skala mikro dan kecil plus pendampingan usaha. Melalui program ini, Jokowi yakin partisipasi perempuan dalam roda ekonomi.

"Mekaar itu adalah pinjaman bagi ibu-ibu yang berdagang baik asongan bakso mie ayam kemudian usaha-usaha rumah tangga yang kita berikan pinjaman hanya 2-4 juta juta kemudian sampai 10 juta," ujar Jokowi.

Sementara Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Uno akan mendorong partisipasi perempuan lewat program OKE OCE. Program ini telah dicanangkan dirinya saat menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Permodalan digerakkan OKE OCE. program OKE OCE juga didominasi emak-emak, perempuan luar biasa mereka betul-betul menjadi tulang punggung," ujar Sandiaga.

Dia menekankan pentingnya ada pendampingan dalam program ini. Menurut dia, banyak pelaku usaha yang gagal tanpa adanya pendampingan.

"Setelah itu kita bantu perizinannya banyak sekali usaha-usaha ini susah mendapatkan perizinan, karena di perumahan tidak bisa dikeluarkan perizinan, kita bantu perizinannya dengan gerakan OKE OCE," tutur dia.

Penulis: Hengky
Editor: Redaksi

Baca Juga