Semifinal Piala AFF U-18

Kalah Tipis dari Malaysia, Timnas U-18 Gagal Melaju ke Final

Jakarta, Akuratnews.com - Timnas Indonesia U-18 harus menelan pil pahit pasca menelan kekalahan tipis atas Malaysia U-18 dengan 3-4 dalam laga Semifinal Piala AFF U-18 yang digelar di Stadion Gò Đậu, Thu Dau Mot, Vietnam, Sabtu (17/8/2019).

Kekalahan Garuda Nusantara dialami setelah melewati pertandingan sengit selama 2x45 menit dan dilanjutkan dengan drama babak tambahan.

Kedua tim sejak babak pertama menampilkan permainan yang atraktif dan terbuka. Dimana peluang pertama diciptakan Indonesia melalui Amiruddin Bagus dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti di menit ke-9. Namun, upayanya bisa diredam kiper Malaysia, Sikh Izhan Nazrel.

Sampai pada menit ke-19 Malaysia mengambil insiatif mencetak gol lebih dulu. Berawal dari tendangan bebas Ajmal Mahadi, bola membentur pagar betis dan mengarah ke Aiman Afif Afizul. Tanpa kesulitan Aiman meneruskannya menjadi gol dan membawa Malaysia memimpin 1-0.

Gol tersebut membuat anak-anak Malaysia intens melakukan serangan ke pertahanan Garuda Nusantara. Namun, Garuda tidak tinggal diam, di menit ke-37, Bagus kembali mengancam gawang Malaysia. Hanya saja hasil dari sepakannya masih melenceng di samping gawang Malaysia

Sampai kemudian, Beckham Putra membobol gawang Malaysia di injury time babak pertama. Beckham meneruskan umpan tarik Fajar Fathu Rachman dari kanan menjadi gol, dan membuat skor 1-1 menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua Indonesia mengambil inisiatif dengan terus melakukan upaya melalui beberapa peluang. Namun justru di menit ke-54 Malaysia malah menambah golnya melalui sepakan Luqman Hakim yang tak bisa dibendung oleh kiper Indonesia Erinando. Malaysia unggul sementara 1-2.

Upaya Indonesia akhirnya berbuah gol balasan di menit ke-79. Fajar merobek gawang Malaysia, usai sepakan kaki kirinya dari sisi kiri kotak penalti gagal dibendung Sikh Izhan Nazrel. Skor menjadi 2-2.

Indonesia justru berbalik unggul dua menit berselang. Lewat serangan balik cepat, Muhammad Salman Alfarid melepaskan tendangan yang gagal dibendung kiper Malaysia lagi. Skor menjadi 3-2 untuk keunggulan Indonesia.

Keunggulan 3-2 gagal dipertahankan Garuda Nusantara setelah Fajar melakukan pelanggaran terhadap pemain Malaysia di daerah terlarang kotak penalti. Harith Haiqal yang menjadi eksekutor tak menyianyiakan peluang emas membobol gawang Erinando dan mengubah skor menjadi 3-3.

Skor bertahan hingga waktu normal habis dan laga dilanjutkan ke babak tambahan. Di babak pertama tambahan waktu, Malaysia bisa kembali unggul lewat tandukan Harith Haiqal di menit ke-98 dan mengubah skor menjadi 3-4.

Indonesia bukan tanpa perlawanan, di babak kedua extra time, Indonesia banyak mengancam lewat aksi Bagus, Sutan Zico dan Beckham Putra, namun tidak ada yang berbuah gol. Hingga peluit panjang berbunyi, tak ada gol tercipta. Indonesia kalah 3-4 dari Malaysia dan gagal ke final.

Dengan hasil ini Indonesia U-18 harus merela tiket final ke tangan Malaysia. Akan tetapi, Indonesia masih bisa memperebutkan tempat ketiga Piala AFF U-18 2019. Lawannya menunggu hasil Australia vs Myanmar, yang akan bertanding usai pertandingan ini.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-18: Erinando, Bagas, Bayu, Fajar, Alfeandra, Salman, Beckham, Brylian, Supriadi, David, Bagus

Timnas Malaysia U-18: Izhan, Firdaus, Aidil, Nuh Azlan, Harith, Azam, Mukhari, Fakhrul, Aiman, Luqman, Nasip

Penulis:

Baca Juga