Kirim Bantuan, Tim DMC Dompet Dhuafa Sisir Perairan Sumbawa

Foto: Humas Dompet Dhuafa

Sumbawa, Akuratnews.com - Tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa kirimkan bantuan logistik bagi para pengungsi di wilayah Sumbawa, termasuk pengungsi yang berada di kapal nelayan atau pengungsian apung pada Senin (27/8/2018).
Direktur Utama Dompet Dhuafa, drg. Imam Rulyawan, MARS mengatakan, Tim DMC berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam menyisir wilayah perairan dan menempuh jarak yang cukup jauh.

"Kami akan selalu mengerahkan Tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa untuk mengevakuasi para korban gempa susulan yang terjadi. Pos layanan akan kami dirikan untuk menampung para pengungsi. Selain melakukan pendistribusian logistik, Dompet Dhuafa berencana membangun fasilitas darurat untuk menunjang kehidupan masyarakat pasca bencana terjadi," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Akuratnews.com, Selasa (28/08/2018).

Gempa yang mengguncang Pulau Lombok dan sekitarnya pada Minggu (19/8), terjadi secara beruntun dengan kekuatan 6,9 SR pukul 19.56 Wita. Dimana gempa tersebut menyebabkan 10 orang meninggal dunia, lima di antaranya berasal dari Sumbawa Besar dan Sumbawa Barat.

Untuk membantu korban gempa, drg. Imam menuturkan, tim DMC Dompet Dhuafa mendistribusi bahan logistik seperti beras, hygiene kit, baby kit, terpal, dan air mineral untuk wilayah Pulau Bungin (Pengungsian Apung), Kecamatan Alas dan Labuan Mapin Kecamatan Alas Barat.

“Dompet Dhuafa telah menurunkan tim DMC untuk membuka layanan Pos di titik pengungsian antara lain di Kec. Taliwang, wilayah Seteluk, Poto Tano, Kab. Sumbawa barat dan wilayah Alas Barat, Alas Buir, Kab. Sumbawa," tukasnya.

"Sementara itu, Kabupaten Sumbawa Barat dan Sumbawa Besar masuk dalam wilayah terdampak parah. Tim Respon Dompet Dhuafa menyediakan sejumlah penanganan seperti pos sehat, aksi layan sehat, pos hangat, aksi layan sehat, dapur umum, pembangunan masjid , sekolah darurat, pengadaan MCK, menurunkan tim PFA (Psychology First Aid), dan menyediakan bantuan air bersih untuk para korban gempa," sambungnya. (Rhm)

Penulis:

Baca Juga