oleh

MUI Asahan Kecolongan, Irian Market Jual Minuman Beralkohol

Asahan, Akuratnews.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Asahan merasa kecolongan dan terkejut terkait beredarnya informasi dari masyarakat terkait bebasnya penjualan minuman beralkohol di Irian Market, Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumut.

“Wah baru tahu saya terkait informasi tersebut. Informasi tersebut akan langsung saya sampaikan dulu kepada ketua MUI Asahan” ujar Sekretaris Majelis Ulama Indonesia Mahmuddin kepada Akuratnews, Rabu (23/01).

Menurutnya, penjualan minuman beralkohol disalah satu tempat perbelanjaan di kota Kisaran itu dinilai tidak sesuai dengan ciri religiusitas masyarakat Asahan.

“Sebab, beberapa tahun lalu, pihak manajemen Irian market pernah bertemu dengan pihak MUI Asahan untuk membicarakan hal yang menjadi kearifan lokal didaerah itu. Mereka (pihak managemen Irian Market-red) telah sepakat untuk tidak menghalangi karyawan perempuannya yang beragama Islam untuk memakai jilbab dan salah satunya terkait produk yang dijual,” kata Mahmuddin.

Ditemukannya minuman dengan kadar alkohol tinggi tersebut, lanjut Mahmudin tentu saja menimbulkan persoalan dan tanda tanya di masyarakat.

“Di samping itu, peredaran dan penjualan minuman beralkohol telah diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 6 Tahun 2015 tentang Pengendalian dan Pengawasan Terhadap Pengadaan, Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Asahan, Witoyo saat dikonfirmasi wartawan tidak membantah kalau penjualan minuman beralkohol di Kabupaten Asahan bisa diperjual belikan, asalkan toko dan tempat penjualan yang menjajakannya memiliki izin yang jelas.

“Bisa saja, kalau mereka (Irian Market-red) ada mengantongi izin penjualan minuman itu.Tapi lebih jelas, tanyakan sama bagian perizinan lah,” ujar Witoyo.

Sementara itu, pihak manajemen Irian Mall belum berhasil dikonfirmasi terkait permasalahan tersebut.

“Kalau terkait permaslahan tersebut, abang jumpai aja langsung dengan pimpinan ya bang, karena kami disini hanya sebatas karyawan biasa ” ungkap beberapa karyawan di Irian Market Kisaran yang identitasnya minta dirahasiakan. (Habibi)

Loading...

Komentar

News Feed