Muna Dapat Bantuan KUBE dan Rutilahu dari Kemensos

Muna, Akuratnews.com - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Muna, mendapatkan jatah 50 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang diperuntukan di wilayah pesisir di Kabupaten Muna. Bantuan tersebut, menyasar dua wilayah pesisir yakni Towea dan Kecamatan Duruka.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Muna,Provinsi Sulawesi Tenggara, La Kore, S.Pd, Kamis (19/9) mengatakan bantuan tersebut diberikan kepada 50 kelompok yang masing- masing kelompok terdiri 10 orang.

Mereka yang mendapatkan bantuan tersebut lanjutnya, terlebih dulu akan diberikan pelatihan yang dilaksanakan oleh Kementerian Sosial.

"Ke 50 kelompok itu akan diberikan pelatihan selama satu hari dari kementerian. Besaran bantuannya Rp20 juta perkelompok," paparnya.

Bantuan KUBE diberikan kepada masyarakat untuk meningkatkan perputaran ekonomi di wilayah tersebut. Mereka lanjut La Kore, dapat mengembangkan usaha mereka seperti nelayan, atau bertani rumput laut. "Bantuannya dalam bentuk uang tunai," terangnya.

Dalam mengembangkan usaha, penerima manfaat KUBE didampingi oleh pendamping KUBE sehingga program yang dimaksudkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat tersebut tepat sasaran.

"Ada pendampingnya khusus pendamping KUBE juga," tuturnya .

Selain bantuan KUBE, dua wilayah pesisir di Kabupaten Muna itu juga mendapatkan bantuan bedag rumah atau dikenal dengan istilah Rumah tidak layak huni ( Rutilahu) sebanyak 200 unit. Bantuan tersebut diperuntukan bagi warga tidak mampu.

" Sama dengan KUBE, mereka yang dapat Rutilahu harus terdata dipusat sebagai warga kurang mampu. Adapun satu unit rumah bantuannya, Rp 15 juta," tandasnya.

Penulis: Nazarudin
Editor:Redaksi

Baca Juga