Nikita Mirzani – Habib Rizieq Shihab

Nikita ‘Tantang’ Habib Rizieq Tes DNA, Bagaimana Proses dan Tarifnya?

Nikita ‘Tantang’ Habib Rizieq Tes DNA Bagaimana Proses dan Tarifnya?
Kolase Nikitai Mirzani, Habib Rizieq Shihab

Jakarta, Akuratnews.com – Perseteruan antara Nikita Mirzani dan para pendukung Habib Rizieq Syihab (HRS) terus berlangsung di media sosial. Saling lempar sindiran pun kerap dilakukan kedua pihak.

Malahan terbaru, melalui unggahan Insta Stories, Nikita ‘menantang’ HRS untuk melakukan tes DNA yang menurutnya bisa menjadi bukti kuat jika Habib Rizieq adalah keturunan Rasulullah.

"Coba biar ga ada fitnah test DNA biar kita lihat klo benar dia keturunan Rasulullah? Coba berani ga tuh manusia yg elo pada agung2 kan buat test DNA," tulisnya.

Nikita mengajak masyarakat galang dana, untuk membiayai tes DNA Habib Rizieq Shihab demi tidak terjadi fitnah.

"Go fund me untuk test DNA. Udh pada tau Rumah gue kan yah booorrr.. Sumbangan ngumpul in dana buat test DNA yg katanya cucunya nabi," tambahnya.

Lalu sebenarnya berapa harga untuk tes DNA dan seperti apa prosesnya? Berikut ulasannya yang dihimpun dari berbagai sumber!

Perlu diketahui, bahwa tes DNA berguna untuk mengetahui garis keturunan seseorang dari ayah dan ibu, serta mengetahui kondisi kesehatan juga risiko penyakit seseorang.

Pada prosesnya, tes DNA mengacu pada prosedur operasional standar yang sesuai dengan panduan dari Scientific Working Group ofDNA Analysis Method dan rekomendasi dari komisiDNA International Society of Forensic Genetics.

Ada beberapa tahapan dalam melakukan tes DNA, seperti pengambilan sampel yang bisa diperoleh dari bagian tubuh seseorang seperti rambut, tulang, gigi, atau cairan tubuh misal urine, darah, liur, sperma darah, atau jaringan tubuh lainnya.

Setelah pengambilan sampel, akan dilanjutkan dengan tahap ekstraksi sel DNA untuk memecah inti sel. Kemudian ada tahapan pemisahan DNA dengan proses elektroforesis.

Setelahnya, masuk ke tahapan proses amplifikasi, di mana proses ini menghasilkan banyak salinan DNA untuk mengkarakteristikkannya. Penyalinan DNA dilakukan melalui proses PCR. Salinan DNA ini kemudian diuji untuk penanda genetik.

Sebelum ke proses akhir, terlebih dahulu masuk proses analisis dan interpretasi yang membandingkan sampel DNA secara kuantitatif dan kualitatif dengan profil DNA yang diketahui. Proses ini dilakukan untuk menemukan penanda genetik untuk mengidentifikasi hubungan.

Untuk menemukan hasil akhir, seluruh tahapan proses itu akan berjalan cukup lama, bisa hitungan minggu atau bahkan bulan.

Sedangkan harga atau tarif tes DNA bisa berbeda-beda di setiap rumah sakit, misalnya Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dari data Mei 2020 memasang tarif Rp10 juta untuk tes DNA Keturunan.

Baca Juga