Noorsy: Disini Namanya Esemka Bima, Kalau di China Changan Star Truck?

Foto Net

Jakarta, Akuratnews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan pabrik mobil Esemka yang dihadiri oleh beberapa Menteri pada Jumat (6/9/2019). Dalam peresmian ini, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) akan meresmikan produk pertamanya yaitu mobil Esemka Bima berjenis pick up (Pikap).

Namun selain Bima, ternyata ada tiga jenis mobil lain juga ada dalam peresmian tersebut, ketiganya berjenis SUV, diberi nama Garuda 1, Rajawali dan Moose dengan body bongsor yang bakal menjadi pesaing bagi Pajero Sport maupun Fortuner.

Tetapi dari 4 mobil Esemka ini, peresmian dikabarkan hanya untuk peluncuran Mobil Esemka Bima lebih dulu, selain itu, keempat mobil Esemka ini disebut-sebut adalah mobil karya anak bangsa dengan kandungan komponen dalam negeri mencapai 20-80 persen.

Ekonom sekaligus Pengamat ekonomi politik, Ichsanuddin Noorsy mengkomentari peluncuran keempat Mobil Esemka tersebut. Noorsy meragukan jika mobil itu merupakan karya anak bangsa Indonesia sebab identik dengan mobil produksi Foday untuk line up SUV, Garuda 1 dan produksi Changan Automobile dengan line upnya Star Truck untuk Pikap yang mirip Esemka Bima.

Kabar miring tentang mobil-mobil Esemka sudah merebak sejak tahun 2018 lalu. Mobil ini disebut-sebut hasil rebranding mobil China. Bahkan situs detik pernah mengungkap bahwa kabar mobil Esemka yang mirip mobil China mencuat setelah sebuah mobil SUV tertangkap kamera sedang diangkut di atas truk pada awal 2018.

Mobil itu bertuliskan 'Esemka' di sebelah kiri dan 'Garuda 1' di kanan, banyak menyebut bahwa inilah mobil Esemka yang telah lama dinanti warga Indonesia.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Hugeng Widodo
Editor:Ahmad Ahyar

Baca Juga