Paguyuban Mie Ayam dan Bakso Bekasi Minta Dimudahkan Penerbitan Sertifikasi Halal

Kementerian Agama Bagikan Cara Pengurusan Sertifikasi Halal Bagi Pelaku UMKM
Kementerian Agama Bagikan Cara Pengurusan Sertifikasi Halal Bagi Pelaku UMKM

AKURATNEWS - Masih sulitnya mendapatkan sertifikasi halal bagi pedagang berbasis UMKM, membuat Paguyuban Pedagang Mie Ayam dan Bakso Kota Bekasi, Jawa Barat berharap pemerintah bisa memberi kemudahan terkait penerbitan sertifikasi halal tersebut.

Ketua Pedagang Mie Ayam dan Bakso Kota Bekasi, Jawa Barat, Maryanto mengatakan, bahwa selama ini pengusaha kecil seperti pedagang mie ayam dan bakso, masih kesulitan untuk mendapatkan sertifikasi halal.

Maryanto mengatakan, kondisi ini berbanding terbalik dengan pengusaha besar yang dinilai jauh lebih mudah untuk mendapatkan sertifikasi hal itu.

Atas hal itu, Maryanto merasakan adanya kejanggalan. Padahal menurutnya, usaha kecil menengah merupakan tonggak ekonomi rakyat yang seharusnya didukung penuh oleh pemerintah.

"Seharusnya kami bisa dipermudah. Selama pandemi Covid-19 ini, bagaimana kami tetap eksis bertahan." Ujar Maryanto, Sabtu (25/12/2021).

Maryanto sangat berharap di tahun 2022 nanti sertifikasi halal tersebut bisa dimiliki oleh para pedagang kecil dan menengah seperti pedagang mie ayam dan bakso.

Maryanto juga meminta kepada pemerintah untuk memberikan pendampingan, pembinaan maupun edukasi kepada para pengusaha kecil, seperti para pedagang mie ayam dan bakso tersebut.

Maryanto sendiri mengatakan, bahwa organisasi para pedagang mie ayam dan bakso, khususnya di wilayah Bekasi, akan membuka dan menerapkan era pasar digital bagi anggotanya di 2022 mendatang.

Dia juga menjelaskan akan dibentuk sebuah koperasi secara digital yang bertujuan untuk memudahkan para pedagang mie ayam dan bakso terutama dalam kemudahan memperoleh bahan baku dan mencegah terjadinya kelangkaan maupun dapat memantau harga bahan baku tersebut.***

Penulis: Eko

Baca Juga