Rapat Paripurna dengan DPRD, Bupati Bartim Jelaskan Tentang Raperda PDAM

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas menyampaikan penjelasan atas Rancangan Peraturan Daerah atau Raperda tentang Perusahaan umum Daerah Air Minum Tirta Janang dalam rapat paripurna DPRD, Jumat, 8 Oktober 2021.
Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas menyampaikan penjelasan atas Rancangan Peraturan Daerah atau Raperda tentang Perusahaan umum Daerah Air Minum Tirta Janang dalam rapat paripurna DPRD, Jumat, 8 Oktober 2021.

AKURATNEWS - Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas menyampaikan penjelasan atas Rancangan Peraturan Daerah atau Raperda tentang Perusahaan umum Daerah Air Minum Tirta Janang dalam rapat paripurna DPRD, Jumat, 8 Oktober 2021.

Pada rapat paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Barito Timur, Ariantho S Muler itu, Bupati mengatakan, pengelolaan sumber daya air terutama untuk air bersih di Barito Timur selama ini dilaksanakan oleh PDAM yang dibentuk bukan semata untuk mencari keuntungan bagi daerah namum juga sebagai sebagai pemberi pelayanan jasa kepada masyarakat.

"Dalam perjalanan mencapai tujuan tersebut maka ditetapkanlah Perda Nomor 2 Tahun 2004 tentang PDAM Kabupaten Barito Timur," ungkap Ampera.

Pendirian PDAM, lanjut Bupati, mempunyai maksud dan tujuan untuk memberikan jasa dan kemanfaatan umum yang bertujuan untuk memberikan pelayanan air minum bagi masyarakat Barito Timur secara adil dan merata terus menerus yang memenuhi syarat kesehatan.

Dalam perjalanan waktu sejak Perda Nomor 2 Tahun 2004 dibuat, banyak peraturan perundang-undangan yang
berubah seiring perkembangan jaman.

"Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah mengamanatkan bahwa diperlukan organisasi professional, berintegritas dan kompetitif," lanjut Bupati.

Kemudian pemerintah menetapkan pula Peraturan Pemerintah Nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah yang mengamanatkan penyesuaian bentuk hukum dari Perusahaan Daerah menjadi Perusahaan Umum
Daerah.

"Untuk melaksanakan amanat tersebut, maka setiap pemerintah daerah wajib menyesuaikan dan mengatur kembali bentuk hukum perusahaannya, tidak terkecuali juga berlaku bagi Pemkab Barito Timur,"

"Karena itu kita merencanakan Perubahan bentuk hukum PDAM Kabupaten Barito Timur menjadi Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Janang yang Perubahannya ditetapkan dalam Perda untuk memberikan kejelasan regulasi sesuai dengan kebutuhan daerah," kata Ampera.***

Penulis: Rama

Baca Juga