Rp14 M Mengalir di Sinjai Borong, Bupati ASA: Komitmen Pemerataan Pembangunan

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), SH.,LLM di Musrenbang tingkat Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan
Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), SH.,LLM di Musrenbang tingkat Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan

Sinjai, Akuratnews.com - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 tingkat Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan yang digelar di Desa Kassibuleng, dihadiri langsung oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA), Selasa (9/3/2021).

Dalam kesempatan ini, Bupati ASA membeberkan berbagai kebijakan pembangunan untuk Kecamatan Sinjai Borong pada tahun 2021.

Diantaranya, pembangunan infrastruktur jalan yang memang menjadi komitmen Bupati ASA untuk melakukan pemerataan pembangunan dimasa pemerintahannya.

ASA menyebut, total anggaran APBD 2021 yang dialokasikan untuk Kecamatan Sinjai Borong mencapai Rp.14 Milyar lebih.

Anggaran tersebut, meliputi peningkatan ruas Jalan Barambang-Air Terjun (rabat beton) senilai Rp.1,94 Milyar, yang bersumber dari dana lanjutan DID Tahap II.

Peningkatan ruas Jalan Barambang-Air Terjun (rabat beton) senilai Rp.2,05 Milyar, yang bersumber dari dana lanjutan DID Tahap lII.

Peningkatan ruas Jalan Karumassing-BontoKatute senilai Rp.4,41 Milyar, yang bersumber dari dana lanjutan DID Tahap lII, dan terakhir pembangunan Jembatan Samaenre Desa Biji Nangka senilai Rp.571,5 Juta.

Selain menganggarkan pembangunan infrastruktur kata Bupati ASA, pihaknya juga mengalokasikan anggaran untuk beberapa rehab SD yang ada di Sinjai Borong. Total anggaran untuk rehab sekolah tersebut sekitar Rp.1,5 Milyar.

"Rehabilitasi Gedung SD 118 Samaenre, SD 145 Cobbu, SD 186 Mannyaha, SD 187 Maccini, dan SD 81 Katute. Semuanya ini senilai Rp.1,57 Milyar, yang bersumber dari DAK Fisik Reguler," bebernya.

Di samping itu, Bupati ASA mengatakan, tahun ini Pemda Sinjai masih tetap menganggarkan pengadaan seragam dan perlengkapan SD sebanyak 3.618 pasang set di sembilan kecamatan, yang nilainya sebesar Rp.1,48 Milyar lebih.

Demikian juga halnya dengan bantuan lainnya kata Bupati ASA, bantuan sarana produksi (Saprodi) dan alat mesin pertanian, sarana-prasarana produksi peternakan, perikanan, perkebunan, serta sektor lainnya masih tetap dilanjutkan.

Selain itu, langkah-langkah untuk peningkatan dan percepatan pemulihan ekonomi sebagai akibat pandemi Covid-19 masih menjadi prioritas untuk tahun 2021 ini.

"Beberapa program pembangunan yang dialokasikan di Kecamatan Sinjai Borong ini, diharapkan dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

Penulis: Ashari

Baca Juga