RSCM Ikut Kebanjiran, Sejumlah Alat Kesehatan Canggih Rusak

Jakarta, Akuratnews.com - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, ikut terimbas banjir di Minggu (23/2) pagi ini.

Banjir yang melanda RSCM ini terhitung merupakan banjir pertama dalam sejarah berdirinya rumah sakit rujukan nasional ini.

Akibat banjir ini, peralatan kesehatan mulai dari CT Scan hingga Xray yang berada di RSCM ikut terendam.

"Beberapa peralatan kebanjiran sehingga rusak di RSCM," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana(BNPB), Agus Wibowo melalui akun Twitter miliknya, @aw3126.

Dalam cuitannya, Agus juga merinci alat-alat kesehatan di RSCM yang terendam banjir.

"Alat yang kebanjiran: Stationary xray ceiling, Fluoroscopy, Mammography, Stationary xray floor, Mobile xray, 2 unit ct scan,1 unit ultra sound ‘accuson’ terendam, Seluruh PACS sistem di ruang baca diduga terendam, 1 unit MRI siemens terendam," ujarnya.

Agus mengatakan, hingga saat ini BNPB masih melakukan pendataan terkait banjir yang merendam RSCM pagi ini.

"Pendataan secara detil #banjir #DKIJakarta #RSCM sedang dilakukan. Akan diupdate jika sudah lengkap datanya," cuit Agus.

Air memag menggenangi ruangan Departemen Radio terapi, Departemen penyakit dalam, dan Departemen Radiologi.

Genangan terparah berada di salah satu ruangan di Departeman Radiologi. Tinggi air sempat mencapai 50 sentimeter atau sepaha orang dewasa.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat RSCM, Ananto menyebut, permasalahan banjir ini sudah terselesaikan.

"Oh sudah teratasi kok mas sudah selesai, pokoknya sudah teratasi dan sudah selesai," kata Ananto saat dihubungi wartawan.

Ikhwal RSCM kebanjiran ini pun viral di media sosial. Warganet menyayangkan sejumlah alat-alat kesehatan berharga mahal yang harusnya digunakan untuk merawat pasien menjadi rusak.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga