Pawai Obor Tahun Baru Islam 1441 Hijriah

Sambut Tahun Baru Islam, RW di Cipinang Muara Ini Penuh Obor

Pawai Obor di RW003 Cipinang Muara selain dimeriahkan dengan ratusan obor, juga dimeriahkan dengan kuda dan kibaran bendera tauhid. (foto Hugeng Widodo/Akuratnews.com)

Jakarta, Akuratnews.com - Menyambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriah atau 1 Muharram yang jatuh pada Minggu (1/9/2019) sudah menjadi tradisi diisi dengan kemeriahan pawai obor yang banyak digelar di beberapa daerah di Indonesia. Salah satunya adalah pawai obor yang dilakukan warga RW003 Kel. Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur

"Kaum Muslimin, Allah SWT mengumpulkan kita ditempat ini untuk sama sama merayakan pergantian tahun baru dari 1440 hijriah menuju 1441 hijriah," kata Ustadz Fifi saat pembukaan pawai Obor yang dimulai di Kantor RW003 Cip. Muara, Jakarta Timur, Sabtu (31/8/2019) malam.

Ustadz berharap, dengan menyambut tahun baru ini, umat Islam di Indonesia dapat kembali bersatu, lebih tawakal dan mampu menjaga ukhuwah islamiyah sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Tradisi yang sudah berlangsung turun temurun dan menjadi bagian dari kearifan budaya betawi di Cipinang Muara ini tetap berlangsung di tengah hingar bingar peserta pawai yang notabene didukung kaum Ibu, remaja putra dan putri serta anak-anak dari masing-masing wilayah rukun tetangga (RT).

Dari pantauan langsung, sedikitnya dari ada 12 RT yang ada di RW 003 Cip. Muara terlibat dengan kemeriahannya masing-masing dengan kibaran bendera tauhid dan aneka miniatur masjid, dilengkapi pernak-pernik serta miniatur Ka'bah.

Uniknya, secara khusus, peserta pawai dari RT12 mendatangkan empat ekor Kuda lengkap dengan pelana. Kuda-kuda tersebut berada dalam rombongan dengan penunggangnya menggunakan pakaian lengkap ala pejuang Islam di zaman Rasulullah.

Selain itu ada juga yang membawa miniatur masjid yang diberikan lampu warna-warni berukuran kurang lebih 1,5 meter persegi hingga Ka'bah dengan ukuran yang sama. Terakhir adalah mobil yang disulap menjadi perahu speedboat.

Kegiatan pawai obor bukan sekedar berkeliling sambil membawa lentera obor di tangan. Tapi kegiatan massal yang sudah dilakukan selama puluhan tahun ini juga mengandung makna mendalam.

Ratusan warga mulai bergerak pada pukul 20.21 WIB, menyusuri Wilayah setempat. Kemeriahan ini cukup menyita perhatian warga sekitar yang turut menikmati malam pergantian tahun baru Islam dengan harapan-harapan baru. Untuk Indonesia yang lebih baik.

Nantinya, bagi peserta terbaik dari masing-masing RT ini, panitia pawai obor telah menyiapkan piala dan hadiah atas kreatifitas memeriahkan kegiatan ini. Hadiahnya lumayan besar, untuk Juara 1 sampai dengan 3 diberikan uang masing-masing Rp1 Juta untuk Juara 1, Rp750 ribu untuk juara 2 dan Rp500 ribu untuk juara 3.

Acara diakhiri selain dengan pemberian piala dan uang bagi pemenang peserta pawai terbaik juga digelar santunan anak yatim. Demikian Pawai Obor RW003 Kel. Cipinang Muara.

Penulis: Hugeng Widodo
Editor:Ahmad Ahyar

Baca Juga