SBI Foundation dan Nindya Karya Gelar Kemitraan Bina Lingkungan di Desa Cikopomayak

PIAGAM - Penyerahan piagam dari Ketum SBI Yuli Hurun Aini kepada Instruktur BLK Superta dalam pelatihan pertukangan bagi warga Cikopomayak, Minggu [14/11]. [Foto: Ojay]

 AKURATNEWS – Kawasan pedesaan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat masih tampak yang asri dengan udara sejuk senantiasa menghadirkan panorama hamparan persawahan yang menghijau sejauh mata memandang.

Sejumlah warga nampak bergegas menuju Balai Desa Desa Cikopomayak, Kec Jasinga menghadiri pelatihan pertukangan pembuatan wall decor [hiasan dinding] mengolah limbah kayu Jati Belanda. Dengan mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker, handsanitiser dan menjaga jarak.

Program Kemitraan Bina Lingkungan [PKBL] PT Nindya Karya [Persero] bekerjasama dengan Sirius Bintang Indonesia [SBI] Foundation, selaku penyelenggara program tersebut dengan pendekatan berbasis kearifan budaya lokal menuju masyarakat madani. Berlangsung selama dua hari teori dan praktik pada Sabtu – Minggu [13-14].

 Vice Presiden Umum dan PKBL PT Nindya Karya, Deka Hardiya Putra dalam sambutannya mengatakan; “Kegiatan ini adalah wujud nyata kontribusi Nindya Karya kepada masyarakat, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Nindya Karya memberikan perhatian khusus pada pembinaan masyarakat dan pelestarian, serta akan dinilai hasil karya terbaik dan warga tersebut akan direkrut menjadi pekerja di proyek Nindya Karya” ujarnya, dalam keterangan tertulisnya kepada Akuratnews, Sabtu [13/11/21]

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Camat Jasinga Santoso, Kepada Desa Cikopomayak Saprudin, Ketua Umum SBI Foundation Yuli Hurun Aini, Ustad Ade Hendra dan Instruktur BLK Superta. Adapun diikuti sebanyak 28 peserta yang aktif selama dua hari penyelenggaraan.

Ketum SBI Foundation Yuli Hurun Aini, mengungkapkan; ”Kami sangat berterimakasih kepada Nindya Karya, meski dalam suasana pandemi Covid-19 kami tetap diberi kepercayaan sebagai mitra kerja dalam melaksanakan pelatihan pertukangan bagi warga Desa Cikopomayak untuk kedua kalinya dalam rangka PKBL menjadikan masyarakat madani.” pungkasnya.

Dari membuat karya selama dua hari mengikuti pelatihan menghasilkan rak dinding, hexagonal dan sablon di atas kayu para peserta. Terpilih ada enam peserta terbaik pilihan instruktur berdasarkan penilaian penguasaan alat, ketepatan ukuran serta kerapihan finishing produk.

Selain mendapatkan apresiasi berupa uang tunai dari panitia, peserta terbaik itu akan diusulkan mendapat prioritas berkerja di proyek yang didukung PT Nindya Karya [persero]. Peserta Terbaik Workshop Wall Decor:

  1. Andriana
  2. Cecep Sukriadi
  3. Jaya Rasyid
  4. Taufik
  5. Andre Domino
  6. Sarjo

[*]

Penulis:
Editor: Wijaya Kusnaryanto
Photographer: Ojay

Baca Juga