Segera! Masjid Istiqlal Punya Rumah Sehat Bagi Mustahik dan Dhuafa

AKURATNEWS - Tahapan pembangunan Rumah Sehat Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Masjid Istiqlal, Jakarta telah dimulai. Di awali prosesi peletakan batu pertama,semangat  pemberian akses kesehatan gratis kepada mustahik dan dhuafa segera terwujud.

Simbolisasi pembangunan ditandai peletakan batu pertama yang dilakukan Ketua BAZNAS, Prof Dr KH Noor Achmad MA; Wakil Menteri Agama, Dr. H. Zainut Tauhid Sa'adi, M.Si, Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA beserta jajaran pimpinan BAZNAS di Masjid Istiqlal Jakarta, Jumat (29/4).

Ketua BAZNAS, Prof Dr KH Noor Achmad MA mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kelacaran pembangunan Rumah Sehat BAZNAS Masjid Istiqlal yang akan menelan biaya Rp6 miliar ini. Menurutnya, niat kebaikan yang mulia ini akan sangat berguna dan dapat dirasakan manfaatnya oleh umat.

"Terima kasih Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA yang telah memberikan kesempatan BAZNAS ikut berbuat kebaikan di Masjid Istiqlal ini. Insya Allah Pembangunan Rumah Sehat BAZNAS Masjid Istiqlal ini segera selesai, karena dalam prakteknya hampir tidak ada pembangunan masjid atau untuk kemakmuran masjid yang telantar dan tidak ada orang yang membangun masjid yang ditelantarkan Allah SWT," ujar Noor Achmad.

Ia menambahkan, Rumah Sehat BAZNAS sebelumnya telah melayani kesehatan fakir miskin dan dhuafa secara gratis di berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta, DI Yogyakarta, Makassar, Sidoarjo, Pangkalpinang, Parigi Moutong, Palu, Berau dan Papua. Dengan bertambahnya Rumah Sehat BAZNAS Istiqlal, diharapkan dapat menjangkau lebih banyak mustahik yang membutuhkan pertolongan dari segi kesehatan.

"Kami berharap upaya ini dapat dirasakan manfaatnya dengan baik. Rumah Sehat BAZNAS selama ini rutin memberikan pelayanan kesehatan seperti pemeriksaan kesehatan gratis, pemberian vitamin gratis, vaksinasi, dan lainnya. Semoga kehadiran Rumah Sehat BAZNAS dapat terus dirasakan manfaatnya oleh umat," ujar Noor.

Di kesempatan yang sama, Wakil Menteri Agama, Dr. H. Zainut Tauhid Sa'adi, M.Si mengatakan peletakan batu pertama yang dilakukan di Masjid Istiqlal adalah langka nyata rumah ibadah bukan sebagai rumah pusat keagamaan saja, namun sebagai rumah pusat layanan masyarakat termasuk layanan kesehatan.

"Semoga langka nyata ini memacu dan memicu masjid-masjid yang lainnya untuk bertransformasi menuju arah yang lebih baik. Di tengah upaya untuk memperluas fungsi masjid, harapan kami bahwa baik untuk fungsi pendidikan, pemberdayaan ekonomi hingga untuk kemashalatan umat yang lain seperti kesehatan menjadi contoh yang bisa dikembangkan di masjid seluruh wilayah Indonesia. Ini semua merupakan bukti Masjid Istiqlal memberi teladan bagi penguatan masjid di Indonesia," kata Zainut.

Zainut menambahkan, masjid semakin meluaskan fungsinya dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk umat dan bangsa.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS dan Badan Pengelola Masjid Istiqlal yang merancang Rumah Sehat dengan begitu baik dan terencana yang terukur. Dan kerja sama ini dapat diduplikasi untuk penguatan masjid yang lainnya," ujarnya.

Hal senada diucapkan Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA.

"Kami mengucapkan terima kasih atas pembangunan Rumah Sehat BAZNAS ini. Atas nama Masjid Istiqlal kami mengucapkan rasa syukur tak terhingga kepada Allah SWT dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada BAZNAS. Marilah kita menampilkan Masjid Istiqlal ini kebanggaan Indonesia," ujarnya.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga