Tabir Gelap Pemilu 2019

Stres Salah Hitung Suara, Ketua KPPS di Malang Mencoba Bunuh Diri

Foto Ilustrasi.

Malang, Akuratnews.com - Tekanan politis pemilu 2019 membuat banyak ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menjadi stres. Sebelumnya di Sleman Yogyakarta, Ketua KPPS di TPS 021 nekat mengakhiri hidup dengan gantung diri diduga karena stres. Hingga kini motifnya belum diketahui.

Kejadian miris itu hampir saja terulang lagi di Malang Jawa Timur. Ketua KPPS 07 kel. Lesanpuro nekat menusuk dirinya sendiri dengan senjata tajam lantaran stres, dia mencoba bunuh diri setelah sebelumnya terdapat selisih suara dalam proses proses penghitungan di TPS-nya..

Kepala Kepolisian Resor Malang Kota, Ajun Komisaris Besar Asfuri, mengatakan, korban merupakan Ketua KPPS 07 Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang, Malang, berinisial SU. Ia melukai perutnya dengan senjata tajam. SU saat ini dirawat di RS Panti Nirmala.

"Pada pukul 09.00 WIB telah terjadi percobaan bunuh diri, yang dilakukan salah satu ketua KPPS di Kelurahan Lesanpuro," ujar Asfuri, saat ditemui di Kantor Kecamatan Lowokwaru, Malang, seperti dikutip dari salah satu media nasional, Sabtu, 20 April 2019.

Menurut Asfuri, korban diduga stres akibat ada selisih dalam penghitungan terkait suara DPD, dan DPRD Malang. Permasalahan itu terus dipikirkan SU, hingga berujung pada percobaan bunuh diri itu.

Asfuri menjelaskan, korban ditemukan di dalam kamar oleh keluarganya dengan luka tusuk di perutnya. Setelah dinterogasi, SU mengaku kelelahan dan stres akibat selisih suara pada saat penghitungan di TPS 07 Kelurahan Lesanpuro pada pelaksanaan Pemilu 2019.

"Yang bersangkutan kelelahan dan stres, karena ada selisih dalam penghitungan terkait di suara DPD dan DPRD Kota Malang," ujar Asfuri.

SU cukup beruntung karena aksi nekatnya ketahuan keluarga. Berbeda dengan SU, Aksi nekat gantung diri ketua KPPS Di Sleman Yogyakarta berjalan tanpa diketahui orang lain.

Dia adalah Tugiman (53 tahun), Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 21 Desa Tridadi, Kecamatan Sleman, Sleman, DIY. Tugiman ditemukan tewas di belakang rumahnya akibat gantung diri.

Penulis:

Baca Juga