Tingkatkan Supply Produksi BBM di Sumbagsel, Pertamina Operasikan Dermaga 2 Sungai Gerong

Sungai Gerong, Akuratnews.com – Guna menjamin security of supply BBM di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Pertamina RU III meningkatkan penerimaan bahan baku (feed) minyak mentah (crude oil) dan penyaluran produk BBM melalui kapal dengan pengoperasian Dermaga 2 Sungai Gerong.

Peresmian operasional Dermaga 2 Sungai Gerong ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh General Manager RU III, Eman Salman Arief bersama General Manager MOR II Sumbagsel, Herman M. Zaini dan didampingi SMOM RU III, Djoko Priyono.

Eman menjelaskan, pengoperasian Dermaga 2 Sungai Gerong sebagai Dermaga Loading dan Unloading RU III ditujukan untuk mengimbangi penerimaan crude oil dan penyaluran produk BBM melalui kapal yang semakin meningkat.

“Kapasitas pengolahan crude oil di RU III saat ini cenderung naik, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan penerimaan crude oil dan penyaluran produk BBM melalui kapal,” kata Eman dalam siaran tertulis yang diterima Akuratnews.com, Kamis (26/1/2017).

Sementara, dengan beroperasinya Dermaga 2 Sungai Gerong, tuturnya, diperkirakan penerimaan crude oil meningkat sebesar 10 persen atau setara 8 Ribu Barrels per hari dan mengurangi kepadatan aktivitas operasional dermaga area Sungai Gerong dari 70 persen menjadi 60 persen atau setara 7 kapal per bulan,” jelas Eman. Penerimaan crude oil ke RU III, ungkapnya, tidak hanya berasal dari wilayah Sumbagsel namun juga dari wilayah luar Sumatera.

Eman melanjutkan, selain mendorong peningkatan produksi kilang, pengoperasian Dermaga 2 Sungai Gerong dapat mengurangi waktu tunggu atau labuh kapal untuk loading produk dan discharge crude sehingga dapat meningkatkan frekuensi sandar kapal dan mampu meningkatkan volume supply crude serta lifting produk secara simultan yang berdampak langsung pada ketahanan pengolahan minyak dan supply BBM bagi masyarakat di Sumbagsel.

“Penerimaan bahan baku melalui kapal di Dermaga 2 Sungai Gerong direncanakan tidak hanya terbatas pada bahan baku crude oil, namun juga dapat digunakan untuk menyalurkan produk Industrial Fuel Oil (IFO), Industrial Diesel Oil (IDO), Solar maupun produk lainnya yang menunjang aktivitas pengolahan minyak di kilang RU III dalam menjamin supply produk BBM di Sumbagsel,” jelas Eman.

Adapun saat ini Pertamina RU III memiliki dua belas dermaga di wilayah Plaju dan Sungai Gerong yang berfungsi sebagai dermaga unloading crude oil, dermaga loading dan unloading intermedia, serta produk.

“Ke depan kami akan mengkaji optimalisasi Dermaga 11 Plaju yang serupa dengan Dermaga 2 sebagai dermaga loading dan unloading yang disesuaikan dengan kebutuhan RU III pada masa yang akan datang,” ujar Eman. (Agus)

Penulis:

Baca Juga