Bursa Saham

Wall Street Memangkas Kenaikan Dini, Boeing Bebani Dow Jones

Boeing
Boeing

Akuratnews.com - Bursa saham AS memangkas sejumlah kenaikan diawal perdagangan meski masih mampu berakhir dengan kenaikan tipis. Saham Boeing membebani Indek Dow Jones, jatuh 1,1%, sedangkan Goldman Sachs naik 1,1%, memimpin indeks S&P 500 yang bukukan kenaikan 0,4% sementara Indek Nasdaq berakhir 0,7% lebih tinggi.

Pemangkasan pertumbuhan ekonomi global oleh IMF menjadi sentiment negatif bursa saham. Sebagaimana terlihat juga dalam perdagangan di bursa saham Asia sebelumnya.

Kekhawatiran akan kondisi ekonomi dunia dikhawatirkan menimbulkan gangguan pada pertumbuhan ekonomi, terlebih dengan sejumlah masalah geopolitik seperti Brexit Inggris dan juga perang dagang yang dilancarkan AS atas sejumlah mitranya, termasuk China dan Uni Eropa. Hal demikian ini membuat investor enggan untuk mengambil risiko.

Keuntungan yang diraih diawal perdagangan, tergerus meski membuat Indek Hang Seng tetap berakhir positif. saham China Construction Bank (CCB) turun lebih dari 1 %. Begitu juga dengan perdagangan di bursa saham Tokyo, indek Nikkei berjuang keras mempertahankan hasil positif perdagangannya.

Para investor memperhatikan dengan seksama peningkatan ketegangan perdagangan antara AS dan Eropa. Mereka juga menyikapi pernyataan Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi dari hasil pertemuan reguler mereka. Data eksportir terkini menunjukkan penurunan yang meluas karena penguatan Yen.

Saham yang menjadi perhatian pasar diantaranya adalah Japan Post yang anjlok 2,9 % di tengah berita penjualan saham baru oleh pemerintah. Saham Sony turun 2,5 % karena aksi ambil untung setelah melonjak lebih dari 9 % dalam sesi sebelumnya.

Sebaliknya, bursa saham Seoul mampu berakhir naik. Indek KOSPI ditutup lebih tinggi, dimana saham-saham finansial, telekomunikasi, dan teknologi bergerak maju. Kospi naik 10,83 poin atau 0,5 % ke 2.224,39 oleh aksi beli pembelian investor institusi menjelang penutupan perdagangan. (HQM)

Penulis: Lukman Haqeem

Baca Juga